Polres Banjarnegara Raih Penghargaan Kategori Pelayanan Publik Sangat Baik dari Kementerian PAN-RB

Polres Banjarnegara Raih Penghargaan Kategori Pelayanan Publik Sangat Baik dari Kemenpan RB 
Polres Banjarnegara – Tribratanews.jateng polri.go.id | Polres Banjarnegara meraih penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sebagai Polres dengan Pelayanan Publik kategori Sangat Baik (A-), Penghargaan disampikan Menpan-RB dalam Rapat Pimpinan (Rapim) Polri tahun 2021 secara virtual di Mabes Polri, Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si bersama Pejabat Utama (PJU) menerima penghargaan tersebut saat melakukan zoom meeting di Aula Samgraha Rupa Mapolres Banjarnegara, Selasa (16/2/2021). 
Kemenpan RB memberikan penghargaan kepada 12 Satker Polres/Polresta/Polrestabes/Metro kategori Pelayanan Prima (Predikat A) dan 40 Predikat Sangat Baik (A-). Dari 40 Satker yang mendaptkan penghargaan Polres Banjarnegara masuk kategori Sangat Baik (A-). 
Menpan-RB Tjahjo Kumolo mengatakan, penghargaan diberikan karena Satker tersebut dinilai bisa menjalankan visi dan misi Presiden Jokowi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, beberapa aspek dijadikan penilaian dalam memberikan penghargaan itu antara lain kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi dan pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.  
“Visi-misi Pak Jokowi dan Ma’ruf Amin adalah reformasi birokrasi, jadi yang diinginkan oleh Pak Presiden itu adalah kecepatan aparatur pemerintah layani masyarakat, mulai Presiden, Kepala Desa, Lurah, Kapolri sampai Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Panglima TNI dengan tiga matra sampai Koramil, Babinsa,” katanya dalam acara virtual Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri Tahun 2020 di Jakarta. 
Terkait penghargaan itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Kemenpan-RB yang telah melakukan pemantauan dan evaluasi atas kinerja pelayanan publik khususnya di internal kepolisian. 
“Kami berusahan terus tingkatkan pelayanan publik prima dengan memanfaatkan teknologi informasi dan kemajuan digital, sehingga pelayanan publik betul-betul pelayanan apa yang diharapkan masyarakat khususnya memangkas birokrasi,” ujarnya. 
Oleh sebab itu, kata Kapolri, saat ini Polri sudah membuat Road Map terkait dengan implementasi reformasi birokrasi dalam rentang waktu 2020-2024. 
“Inovasi bertujuan pelayanan Polri yang lebih baik di masyarakat, pelayanan publik online disajikan Samsat online, SIM online, SKCK online,” tuturnya. 
Ia berharap dengan diberikannya predikat pelayanan prima dan sangat baik untuk Polres, Polresta dan Polrestabes mampu menciptakan iklim persaingan sehat di internal untuk berlomba-lomba menciptakan inovasi. 
“Saya ucapkan terima kasih bagi Polres yang telah mengupayakan inovasi dan dapatkan predikat prima dan sangat baik. Semoga jadi pemicu rekan lain untuk lakukan hal yang sama,” tandasnya.

Exit mobile version