Mitra Polisi

Upayakan Pemberdayaan Perempuan di Kota Tegal, Kapolres Tinjau Industri Sarung Tenun

Polres Tegal Kota – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Kapolres Tegal Kota melihat proses pembuatan sarung goyor khas Tegal dengan ditemani pemilik IKM (Industri Kecil Menengah) Falhatex, Fahmi Lukman Al Katiri di Pekauman, Tegal Barat, Selasa (11/08).

Dalam kunjungannya tersebut, Kapolres Tegal Kota didampingi oleh Kapolsek Tegal Barat, Kabagren, Kasat Sabhara dan para polwan.

Kegiatan yang dilakukan Kapolres Tegal Kota sendiri untuk meninjau proses pembuatan yang rata-rata dikerjakan oleh karyawan perempuan.

Kunjungan ini juga sebagai salah satu bentuk upaya untuk melakukan pemberdayaan perempuan guna meningkatkan ekonomi keluarga, apalagi dengan status pandemi Covid-19 membuat faktor perekonomian semakin menurun.

Dengan hal tersebut tidak hanya berdampak kepada kaum laki-laki, namun juga perempuan contohnya pekerja pabrik yang banyak di PHK sehingga juga berpengaruh terhadap perekonomian rumah tangga yang banyak menjadi faktor terjadinya kasus kekerasan.

Ketika melihat proses pembuatan sarung tersebut, Kapolres Tegal Kota juga memberikan dukungan dan motivasi sebagai pegangan untuk kaum wanita yang selain berkewajiban mengurus rumah tangga, namun juga berperan membanting tulang untuk membantu kebutuhan.

Selain itu, peninjauan ini juga bentuk dari langkah awal dalam menggandeng kaum perempuan di daerah rusunawa Kota Tegal nantinya untuk diberdayakan melalui kerja sama dengan IKM Falhatex dengan diawali pelatihan terlebih dahulu nantinya.

(Humas Polres Tegal Kota)

Berita Terkait