Binmas

Kapolres Tegal Kota Ajak Kaum Perempuan Bangkit di Tengah Pandemi Covid-19

Polres Tegal Kota – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Kapolres Tegal Kota menjadi narasumber pada rapat koordinasi Optimalisasi Pemberdayaan Perempuan yang digelar Pemkot Tegal bekerja sama dengan Polres Tegal Kota di Ruang Adipura, Balaikota Tegal, Rabu (12/08).

Dalam rapat tersebut hadir pula Walikota Tegal, Wakil Walikota, Sekda Kota Tegal, Kepala DPPKBP2PA, Kadin Koperasi, UMKM dan Perdagangan, owner IKM Fahaltex dan warga rusunawa Kota Tegal.

Kegiatan pun dibuka oleh Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono yang menjelaskan peranan perempuan sangatlah penting apalagi banyaknya perempuan yang telah banyak berkiprah dengan prestasi di berbagai bidang di Indonesia.

“Kita semua tahu perempuan itu punya peranan yang sangat penting sekali apalagi dengan data dari BPS bahwa jumlah perempuan di Indonesia itu 131 juta yangmana lebih dari separuh populasi penduduk Indonesia apalagi kiprahnya kita tahu sendiri banyak yang berprestasi di berbagai bidang”, ujar Walikota Tegal.

Kemudian rapat dilanjutkan dengan sambutan oleh Kapolres Tegal Kota yang mengapresiasi kemauan kaum wanita yang tinggal di rusunawa Kota Tegal untuk diajak bekerjasama melalui pemberdayaan perempuan pada bidang usaha tenun dengan menggandeng IKM Fahaltex.

“Saya apresiasi ibu-ibu semua yang menghuni rusunawa sejumlah 69 orang yang bersedia mengikuti pelatihan sebagai upaya dalam pemberdayaan wanita di Kota Tegal diera pandemi Covid-19 ini yang nantinya akan bekerja sama dengan mas Fahmi pemilik usaha sarung tenun”, ujar Kapolres Tegal Kota.

Kegiatan rapat koordinasi ini sendiri merupakan langkah awal yang akan dibangun dengan melibatkan pegiat usaha di Kota Tegal untuk berpartisipasi melalui kerja sama yang nantinya akan diawali dengan pelatihan terlebih dahulu.

Pada kesempatan tersebut Fahmi sebagai owner IKM Fahaltex yang memproduksi sarung tenun (sarung goyor) memberikan motivasi kepada ibu-ibu penghuni rusunawa yang hadir pada rapat tersebut untuk selalu menjaga spirit. Dengan prinsip bahwa wanita itu mempunyai kelebihan daripada laki-laki karena tanggung jawab yang besar selain mengurus rumah tangga juga ikut membantu mencari nafkah.

Selain itu hadir pula Bu Ismi pemilik usaha sapu sorgum yang diekspor hasilnya ke negara Jepang yang menyambut positif dengan adanya kegiatan ini untuk nantinya bisa diimplementasikan guna kebaikan bagi para perempuan sendiri di Kota Tegal.

(Humas Polres Tegal Kota)

Berita Terkait