Polsek Tunjungan Polres Blora Blusukan Hutan, Antisipasi Karhutla

Kapolsek Tunjungan Polres Blora Polda Jawa Tengah AKP Budiyono,SH memimpin langsung patroli blusukan hutan, antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora.

Kapolsek bersama Kanit Sabhara Iptu Samingan beserta 3 anggota melakukan patroli antisipasi karhutla serta memberikan imbauan kepada warga masyarakat sekitar hutan, Rabu, (05/08/2020).

“Kegiatan patroli ini dilaksanakan dengan sasaran untuk mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan, lahan dan kebun,” ujar Kapolsek.

Ia juga menyampaikan bahaya karhutla dan dampak yang akan dirasakan oleh warga lainnya seperti gangguan pernapasan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) akibat asap yang keluar dari pembakaran tersebut. Sehingga diakuinya ada sanksi hukum yang akan diberikan bagi pelaku pembakar hutan dan lahan.

Patroli menggunakan kendaraan patroli Polsek Tunjungan tersebut start dari Mapolsek Tunjungan kemudian dilanjutkan menyisir wilayah hutan di wilayah BKPH Nglawungan kecamatan Tunjungan.

Kapolsek berharap apabila ada warga yang melihat, mengetahui bahkan menjadi korban karhutla agar segera melaporkan ke Polsek terdekat.

“Saya mengimbau kepada masyarakat apabila akan membuka lahan pertanian, usahakan jangan dengan cara membakar lahan dan hutan,” tuturnya.

Pada masa modern ini menurutnya buka lahan sudah dengan cara alih teknologi yaitu dengan menggunakan alat-alat pertanian yang sudah modern memberdayakan Petugas Pekerja Lapangan (PPL) Pertanian yang ada di Kecamatan.

“Pelaksanaan patroli Karhutla ini sebagai wujud implementasi dari kebijakan dan instruksi pimpinan tingkat atas dalam atensinya menjaga wilayah dari Karhutla yang sangat membahayakan bagi kelangsungan ekosistem dan kehidupan di sekitarnya,” pungkasnya.

Exit mobile version