Binkam

Ratusan Polisi Amankan Unjuk Rasa Aliansi Cinta Pancasila di Purbalingga

Polres Purbalingga – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Ratusan petugas pengamanan gabungan dari Polres Purbalingga, dibantu Brimob dan personel Polresta Banyumas diterjunkan mengamankan aksi unjuk rasa dari Aliansi Cinta Pancasila Purbalingga di depan Kantor DPRD Kabupaten Purbalingga, Senin (6/7/2020).

Aliansi Cinta Pancasila berasal dari lima organisasi masyarakat yaitu Pemuda Pancasila, Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), Kokam, Sangga Langit dan FKPPI. Peserta aksi menuntut penolakan terhadap Rancangan Undang Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) masuk dalam Program Lesgislasi Nasional (Prolegnas).

Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla mengatakan hari ini kita lakukan pengamanan aksi dari rekan-rekan organisasi masyarakat yang menyuarakan aspirasinya. Untuk mengamankan kegiatan diterjunkan 346 personel pengamanan.

“Pengamanan berasal dari Polres Purbalingga dibantu personel dari Brimob, Polresta Banyumas, Kodim Purbalingga dan Satpol PP. Alhamdulillah kegiatan bisa berjalan dengan aman dan lancar,” jelasnya.

Kapolres menambahkan dalam pengamanan dilakukan juga pengaturan jalur di sekitar lokasi kegiatan. Jalan menuju Kantor DPRD kita sterilkan sehingga bisa maksimal dalam pengamanan serta tidak menganggu arus lalu lintas.

Dalam unjuk rasa Aliansi Cinta Pancasila Purbalingga menyerahkan pernyataan sikap yang ditujukan kepada Ketua DPRD Purbalingga. Pernyataan sikap yang diserahkan tersebut diminta untuk diteruskan kepada DPR RI.

Koordinator aksi, Heri Warsito mengatakan aksi yang dilakukan Aliansi Cinta Pancasila di Kabupaten Purbalingga berbeda dengan aksi di daerah lain. Aksi dikemas dalam bentuk dukungan terhadap pemerintah untuk menolak RUU HIP.

“Kami berterima kasih Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga yang telah mau menerima aspirasi kami,” ucapnya.

Ketua DPRD Purbalingga, Bambang Irawan mengatakan aspirasi yang disampaikan oleh Aliansi Cinta Pancasila akan diteruskan kepada DPR RI. Menurutnya paling lama adalam waktu 2 x 24 jam pernyataan sikap sudah terkirim ke DPR RI.

“Setelah pernyataan sikap kami kirimkan ke DPR RI, akan kita sampaikan kembali informasi tersebut kepada masing-masing ormas,” ucapnya.

Aksi Aliansi Cinta Pancasila Purbalingga berakhir sekitar pukul 15.30 WIB. Ratusan peserta aksi kemudian membubarkan diri kembali ke rumah masing-masing.

(Humas Polres Purbalingga)

Berita Terkait