Polairud

Program SKSD, Ditpolairud Polda Jateng Bantu Nelayan Buat Pas Kecil

Polda Jateng – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Tanjung Emas Semarang, Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng serta kelompok nelayan Sawunggaling membantu pembuatan Pas Kecil, bagi kapal di bawah GT 7 di Desa Kudu Kecamatan Genuk Kota Semarang, Kamis (25/6).

Direktur Polairud Polda Jateng Kombes Pol Risnanto, S.I.K., M.Si menyampaikan ini merupakan salah satu kegiatan Program Satu Kapal Satu Desa (SKSD) inovasi dari Ditpolairud Polda Jateng.

“Kami gandeng KSOP Kelas 1 Tanjung Emas Semarang dan juga Kelompok Nelayan Sawunggaling membantu nelayan dalam melengkapi persyaratan pembuatan pas kecil kapal dibawah GT 7, yaitu dengan melakukan pengukuran kapal,”jelas Kombes Pol Risnanto.

Kombes Pol Risnanto menambahkan, pas kecil untuk kapal GT 7 merupakan dokumen kepemilikan kapal, surat kebangsaan kapal, dokumen kelengkapan berlayar, keamanan melakukan pelayaran, jaminan kredit usaha serta memudahkan pendataan jika terjadi bahaya di laut atau saat berlayar.

“Demikian pentingnya Pas Kecil sehingga mendorong personel yang mengawaki Kapal IX-1010 dari Subditpatroliairud Ditpolairud Polda Jateng untuk menjembatani kegiatan pengukuran kapal ini. Kami senantiasa berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, apa lagi ini momen yang tepat jelang hari Bhayangkara ke-74,” imbuh Kombes Pol Risnanto.

Berita Terkait