Lantas

Operasi Keselamatan 2020, Polres Blora Imbau Warga Disiplin Lalu Lintas

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Polda Jateng, Blora – Program kerja kepolisian masih terus berjalan di tengah pandemi covid-19 di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kegiatan itu salah satunya adalah Operasi Keselamatan Candi 2020 yang dilaksanakan serentak di Polres jajaran Polda Jateng salah satunya Polres Blora. Kegiatan itu dilaksanakan selama dua pekan mulai hari ini Senin, 6 April hinggal 19 April 2020.

Sedikit berbeda dengan Operasi Keselamatan biasanya, operasi kali ini selain untuk mengimbau keselamatan lalulintas pada pengendara, juga difokuskan untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar bersama mencegah penyebaran virus Covid -19.

“Sesuai maklumat Kapolri tentang pembatasan sosial skala besar, maka selama Operasi Keselamatan Candi 2020, tidak ada razia kendaraan selama operasi ini. Kepolisian mengedepankan pola yang sifatnya imbauan pencegahan pelanggaran berlalu lintas yang berpotensi membahayakan pengemudi kepada masyarakat khususnya yang melaksanakan aktivitas di luar rumah,” kata Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, S.I.K.

Keseluruhan personil yang tergabung dalam Operasi Keselamatan Candi 2020 terbagi dalam 3 tiga Satuan Tugas (Satgas) meliput Satgas Preemtif, Satgas Preventif dan Satgas Bantuan. Selaku penanggungjawab Operasi Keselamatan Candi 2020, Kapolres mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk cipta kondisi menjelang bulan suci Ramadhan serta Idul Fitri 2020 dan membentuk kesadaran kolektif masyarakat akan pentingnya disiplin social serta physical distancing melalui Satgas Preemtif.

“Dengan adanya Operasi Keselamatan ini, Satgas Preemtif akan gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas terkait wabah Virus Corona. Kita akan bersama-sama memutus rantai penyebaran virus dengan menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman antar individu,” paparnya.

Sedangkan Satgas Preventif nantinya akan melaksanakan patroli sesuai kerawanan wilayah untuk memastikan situasi dan kondisi keamanan. Selain itu juga menciptakan Kamseltibcar lantas di seluruh wilayah Kabupaten Blora.

Meski begitu, diimbau kepada seluruh masyarakat tetap diwajibkan memenuhi standar keselamatan dan kelengkapan berkendara, sebab nantinya akan ada tim patroli Satlantas Polres Blora yang juga akan melakukan tindakan teguran kepada pelanggar yang kasat mata melakukan pelanggaran.

“Meski tidak ada razia dijalan, kami tempatkan tim patroli yang akan melakukan teguran terhadap pelanggar yang kasat mata seperti tidak memakai helm atau kelengkapan berkendaranya tidak memenuhi standar. Kemudian yang lawan arus atau berkendara dengan potensi laka lantas. Itu juga akan kami tindak,” tambahnya.

Melihat kondisi wabah Covid 19 yang masih terus meningkat jumlah penderitanya, AKBP Ferry mengimbau agar masyarakat tetap berada di rumah dan tidak keluar di jalanan tanpa ada tujuan yang penting.

“Ini juga merupakan bagian dari arahan pemerintah pusat agar masyarakat juga tetap berada di rumah dan hindari kerumunan, Jaga kesehatan dengan menerapkan pola physical distancing di tengah wabah Covid-19. Kalau tidak terlalu urgent tolong tidak usah keluar rumah,” tandasnya.

Berita Terkait