BinkamMitra Polisi

Gandeng Pemda dan Kodim Polres Purworejo Semprot Desinfektan Seluruh Wilayah

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Purworejo – mengantisipasi dan memutus penyebaran Covid -19, sebanyak 300 personel Polri dan TNI di wilayah Kabupaten Purworejo mengikuti apel gerakan serentak penyemprotan disinfektan. Apel dipimpin Kapolres Purworejo AKPB Rizal Marito itu digelar di halaman kantor Bupati Purworejo, Selasa (31/3/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Purworejo Agus Bastian SH, MM, Dandim 0708 Letkol Inf Muchlis Gasim, SH, M.Si, Wakil Ketua DPRD Yophi Prabowo, SH, dan seluruh Kapolsek jajaran Polres Purworejo.

Kapolres menyampaikan amanat Kapolri kepada jajaran Polri di seluruh Indonesia, antara lain menyediakan alat ukur suhu tubuh dan berkooordinasi dengan pihak rumah sakit bila ada anggota yang mengalami gejala Covid-19 serta menyediakan cairan handwash dan wajib mencuci tangan secara berkala serta menggunakan penutup mulut (masker)

Menurut Kapolres, bahwa kegiatan penyemprotan akan dilakukan di enam titik lokasi wilayah Purworejo dan Kutoarjo dengan diikuti seluruh jajaran polsek. Petugas pemadam kebakaran yang juga turut dikerahkan, melakukan penyemprotan di enam titik dan 21 lokasi yakni pasar, tempat ibadah, terminal, stasiun, pertokoan, serta fasilitas umum lainnya.

“Ini merupakan bentuk kesungguhan dan kepedulian kami terhadap masyarakat serta permasalahan bangsa, maka langkah – langkah pencegahan terhadap adanya penyebaran covid – 19 ini menjadi proritas utama ,” kata Kapolres Purworejo.

Terkait dengan situasi menghadapi bulan Ramadhan dan kehadiran para pemudik yang akan melaksanakan lebaran di kampung halamanya, kami telah siap melakukan langkah – langkah seuai prosedur protokol kesehatan. Kami akan bekerjasama dengan Dishub , Dinkes dan Instasi terkait serta relawan untuk melakukan pendataan, jelasnya.

“Kami akan terus melakukan pemeriksaan kepada masyarakat, termasuk menghimbau kepada pemudik untuk melapor kepada kepala desa setempat agar didata.”Bila tidak, kami akan lakukan jemput bola,” tandas Kapolres.

“Kami berharap agar masyarakat guyub dan tertib sehingga bersama-sama dapat mengatasi masalah ini dengan arif dan bijaksana, serta mari berdo’a bersama agar wabah covid -19 cepat berakhir,” ujar kapolres.

Pada kegiatan kali ini ,kami akan melakukan penyemprotan disinfektan dengan melibatkan dua unit mobil Damkar dan mobil Anval milik Kodim 0708 Purworejo yang telah dimodifikasi sebagai alat penyemprot.

Lokasi yang disemprot dibagi dalam beberapa tim yang akan melakukan penyemprotan di 6 titik dan 21 lokasi di seluruh kabupaten Purworejo. Di antaranya sepanjang Jalan Urip Sumoharjo, Pasar Suronegaran, Jalan Veteran, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Ahmad Yani dan dilanjutkan ke lokasi lain di wilayah Kutoarjo dan wilayah lainya.

“Kegiatan ini akan dilakukan setiap hari secara terus menerus sampai kondisifitas membaik , dengan menggunakan standar SOP dari WHO,” tambah Kapolres.

Berita Terkait