Binkam

Intensitas Hujan Tinggi, 5 Desa di Sukoharjo Terdampak Banjir

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Sukoharjo – Hujan deras pada Minggu (16/2/2020) mengakibatkan banjir di lima desa wilayah Nguter dan Bulu, Kabupaten Sukoharjo.

Di Nguter, banjir merendam rumah penduduk wilayah Pengkol, Daleman, dan Nguter. Sementara di Bulu, banjir terjadi di Gentan dan Ngasinan.

Sejumlah warga terpaksa mengungsi ke tempat ibadah dan tetangga rumah sembari menunggu banjir surut.

Tingginya intensitas hujan mengakibatkan ketinggian air Kali Songgorunggi bertambah signifikan hingga meluap ke permukiman penduduk. Luapan air sungai merendam belasan rumah penduduk di Dusun Songgorunggi, Kecamatan Nguter.

“Ada belasan rumah yang terendam banjir akibat luapan Sungai Songgorunggi. Bahkan lalu lintas Sukoharjo menuju Wonogiri sempat macet,” ujar Plt Kapolsek Nguter Iptu Swinardi, Senin (17/2/2020).

Ditambahkan Iptu Swinardi, Wilayah Songgorunggi merupakan daerah langganan banjir saat musim penghujan. Rumah penduduk terendam banjir hingga lima kali dalam setahun. Banjir kali ini adalah yang pertama terjadi pada tahun 2020.

Selain banjir, intensitas hujan yang tinggi juga mengakibatkan bencana tanah longsor di tiga lokasi di wilayah Desa Kamal, Kecamatan Bulu.

Tanah longsor menerjang tiga rumah di Desa Kamal milik Parman, Paimin dan Giyatmi. Tidak ada korban jiwa karena longsoran tanah hanya menerjang tembok rumah bagian samping dan belakang.

Berita Terkait