Kapolsek Padamara Sosialisasi Saber Pungli kepada Karyawan Objek Wisata

Tribratanews.jateng.polri.go.id, PurbaIingga – Dalam rangka mencegah terjadinya pungutan liar di berbagai tempat, Polsek Padamara Polres Purbalingga gencar melakukan sosialisasi. Seperti sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang disampaikan Kapolsek Padamara AKP Tri Arjo Irianto di Objek Wisata Purbasari Pancuran Mas, Sabtu (15/2/2020).

Dalam sosialisasi yang diikuti karyawan dan pengelola objek wisata Purbasari Pancuran Mas, Kapolsek Padamara menyampaikan tentang arti dari pungutan liar. Disampaikan juga tentang pelayanan publik dan jenis-jenis pungutan liar yang bisa terjadi di berbagai tempat termasuk lokasi objek wisata.

“Pada objek wisata bisa terjadi pungutan liar diantaranya pada lokasi parkir yang tarifnya tidak sesuai ketentuan maupun adanya calo penjualan tiket yang menjual harga diluar kewajaran. Hal itu harus dicegah dengan pengawasan bersama,” kata kapolsek.

Kapolsek juga menyampaikan, apabila karyawan maupun pengelola objek wisata menemukan adanya pungutan liar di sekitar tempat kerjanya bisa segera melapor. Laporan bisa disampaikan melalui nomor telepon pengaduan yang sudah disampaikan atau mendatangi sekretariat Saber Pungli Purbalingga.

“Silahkan lapor apabila menemukan adanya pungutan liar yang terjadi baik melalui nomor telepon pengaduan atau datang kangsung ke sekretariat. Kami akan jamin rahasia pelapor,” ucapnya.

Kapolsek menambahkan, untuk mencegah terjadinya pungutan liar tidak hanya menjadi tanggung jawab kepolisian saja namun diperlukan peran serta seluruh pihak. Masyarakat bisa berperan dengan pencegahan ataupun ikut mengawasi lingkungan sekitar. Apabila ditemukan adanya pungli laporkan sesuai dengan ketentuan.

“Dengan sosialisasi ini, saya harap seluruh pihak bisa berperan mencegah terjadinya pungli. Harapan kita bersama di lokasi objek wisata ini dan di Kabupaten Purbalingga pada umumnya bisa bebas dari pungli,” pungkasnya.

(Humas Polres Purbalingga)

Exit mobile version