Binkam

Diterjang Angin, Puluhan Rumah di Desa Wateshaji Pati Rusak Parah

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Pati – Sebanyak 37 rumah warga yang berada di desa Wateshaji di wilayah Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati, rusak parah usai diterjang angin puting beliung, Selasa (11/02/2020) sore.

Puluhan rumah itu, baik yang permanen dan semi permanen, rusak ringan seperti genteng berterbangan, sampai rusak berat hingga posisi miring hampir roboh.

Kapolres Pati , melalui Kapolsek Pucakwangi AKP Sumadi mengatakan, rumah-rumah yang mengalami kerusakan tersebut sebagian besar berada di Dukuh Kemisik, Desa Wateshaji Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati.

“Rumah-rumah yang ada di desa tersebut memang mengalami kerusakan, mulai dari atapnya yang lepas dan gentingnya runtuh diterjang angin, dan mayoritas, bangunan yang rusak ini adalah semi permanen,” katanya.

Dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban luka namun sebagian besar rumah warga yang terbuat dari kayu / Semi permanen mengalami kerusakan pada bagian atap yaitu genting rumah banyak yang runtuh/ Rontok akibat diterjang angin. Saat ini, jumlah kerugian materi masih dilakukan pendataan oleh petugas,” ujar Kapolsek Pucakwangi.

Saat ini, pihak Polri dan TNI beserta instansi terkait tengah melakukan kerja bakti bersama warga untuk menganti genting yang pecah. serta melakukan pembersihan puing-puing dan menyalurkan bantuan sosial. Ia juga mengimbau kepada warga agar waspada akan bencana susulan.

“Sebagian warga kita ajak bersama-sama kerja bakti membantu warga lain yang terdampak bencana tersebut, sementara kita tetap minta agar masyarakat waspada, karena dikhawatirkam ada bencana susulan. Kita pun turut bersiaga dengan menerjunkan petugas dilokasi bencana,” ungkap Kapolsek.

(Humas Res Pati)

Berita Terkait