Pembinaan Personel

Kabag Sumda Polres Brebes: Penggunaan Senpi Harus Sesuai SOP

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Brebes – Polres Brebes Jawa Tengah menggelar pelatihan cara penggunaan dan mengamankan senjata api laras panjang yang digunakan oleh anggota Sabhara untuk pengamanan maupun penunjang kegiatan operasioanl seperti halnya pengamanan Obyek Vital (obvit) maupun pengawalan.

Pengamanan maupun penggunaannya serta tatacara membawa Senpi pun harus sesuai dengan SOP.

Pelatihan singkat tersebut, dipimpin oleh Kabag Sumda Polres Brebes Kompol Hery Tristiyono didampingi KBO Sabhara Ipda Sarjono usai pelaksanaan apel pagi, Senin (18/11/2019) kepada seluruh anggota Sabhara.

Kabag Sumda Kompol Hery Tristiyono mengatakan kegiatan yang dilakukan tersebut untuk menyegarkan kembali (merefresh) tentang bagaimana cara mengamankan senjata serta untuk meningkatkan kemampuan dalam penggunaan senjata api yang dipakai dalam melaksanakan tugas, bagi personel yang bertugas di lapangan.

“Dalam menggunakan maupun untuk pengamanan Senpi harus sesuai prosedur. Senjata bukan untuk main main,” jelas Kabag Sumda saat memberi intruksi.

Salah satu senjata yang digunakan pada latihan kali ini adalah jenis SS1 V1. Adapun materi singkat pelatihan yang diberikan berupa pengenalan kembali bagian-bagian senjata, tata cara pengamanan dan saat membawa senjata yang sesuai SOP.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan profesionalisme dan mencegah penyalahgunaan senjata bagi anggota Polri dalam melaksanakan tugas menghadapi setiap ancaman gangguan Kamtibmas, khususnya di wilayah hukum kepolisian tersebut,” katanya.

Sementara itu, KBO Sabhara Ipda Sarjono berharap, pelatihan ini dapat mengingatkan kembali pengetahuan tentang cara penggunaan senjata laras panjang yang sudah dilatihkan pada masa pendidikan.

“Apabila menghadapi situasional yang mengharuskan menggunakan senjata, personel sudah siap di lapangan,” jelasnya. (Hms)

Berita Terkait