Pembinaan Personel

Tim Itwasda Polda Jateng Laksanakan Wasrik Di Polres Klaten

tribratanews.jateng.klaten.polri.go.id – Polres Klaten kedatangan tim dari Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) Polda Jateng. Tim yang dipimpin AKBP Wahyu Wim Harjanto tersebut datang untuk melaksanakan wasrik rutin tahap II tahun 2019 aspek pelaksanaan dan pengendalian, Selasa (15/10/19).

Acara inti wasrik dilaksanakan di Aula Satya Haprabu yang diikuti oleh para Kabag, Kasat, Kasubbag dan Kasi beserta para operator masing-masing satfung. Para personel polres terlihat membawa bertumpuk-tumpuk dokumen operasional dan pertanggungjawaban keuangan yang kemudian diperiksa satu persatu oleh tim wasrik.

Wakapolres Klaten Kompol Moch Zulfikar dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim dan memohon maaf Kapolres Klaten tidak bisa mendampingi pelaksanaan wasrik dari awal karena sedang mengikuti video conference (vicon) dengan Kapolri. Kepada anggota, Wakapolres menyampaikan agar memanfaatkan kegiatan wasrik ini sebagai bahan koreksi untuk meningkatkan kinerja.

Sedangkan Katim Wasrik AKBP Wahyu Wim Harjanto menyampaikan pentingnya fungsi wasrik yang harus diketahui oleh para operator dan juga para perwira di masing-masing satuan fungsi. Selain sebagai sarana evaluasi, wasrik juga untuk mengangkat problem yang ada di wilayah untuk disampaikan pimpinan dan dicarikan solusi.

“Pendalaman wasrik ini bukan hanya tentang meneliti/memeriksa dokumen saja. Namun juga ada fungsi konsultasi untuk menggali berbagai permasalahan di wilayah.”

Wasrik yang merupakan sarana pengawasan internal di lingkungan Polri bukan hal yang baru. Kegiatan ini dilakukan secara rutin dan berjenjang mulai dari tingkat mabes hingga jajaran terbawah yaitu Polsek. Tujuannya agar tidak terjadi penyimpangan dan pelanggaran dalam operasional tugas maupun penggunaan anggarannya.

Berita Terkait