Binkam

Diduga Karena Puntung Rokok, Hutan Pinus di Jatipurno Wonogiri Terbakar

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Polda Jateng, Wonogiri – Peristiwa kebakaran terjadi di Hutan Pinus Petak 71 B, tepatnya di Dusun Sendang RT001/RW 003 Desa Kembang, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, Minggu (13/10/2019) sekitar Pukul 10.30 WIB.

Kejadian ini pertama kali diketahui oleh Wagimin warga Dusun Sendang, Desa Kembang, Kecamatan Jatipurno. Saat itu ia melihat kepulan asap sudah membumbung tinggi. Seketika ia memanggil Ketua RT setempat Naryo dan warga sekitar untuk melakukan pemadaman.

Secara bergotong-royong, warga memadamkan api dengan air PAM Simas dan alat seadanya. Bahkan sebagian warga membuat celah agar api tidak meluas.

Kasubbag Humas Polres Wonogiri, Iptu Suwondo mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati mengatakan, penyebab kebakaran hutan diduga adanya puntung rokok oleh pengunjung yang dibuang sembarangan. Sehingga api lalu membakar semak-semak yang berada di kawasan hutan pinus tersebut.

“Mengingat kondisi hutan yang gersang lantaran musim kemarau panjang, kobaran api pun bertambah luas dan besar, hingga akhirnya membakar kawasan hutan Pinus seluas 1/4 hektare,” katanya.

Tidak ada korban jiwa ada kejadian ini, namun kerugian material diperkirakan mencapai Rp 5 juta.

Diketahui, pohon pinus sangat produktif, lantaran getahnya disadap oleh warga sekitar sebagai sumber penghasilan yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

( Humas Polres Wonogiri Polda Jateng )

Berita Terkait