BinkamNarkoba

Satresnarkoba Lakukan Test Urin Bagi Petugas Lapas Klas II B Kota Salatiga

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Salatiga – Dalam rangka Hari Dharma Karya Dika Ke-74, Lapas Kelas II Kota Salatiga bekerjasama dengan Sat Resnarkoba Polres Salatiga melaksanakan pemeriksaan urin terhadap seluruh Petugas Lapas, Jumat (11/10).

Ketua Lapas Kota Salatiga Hero Sulistiyono pada apel pagi sebelum pemeriksaan menyampaikan bahwa dalam rangka Hari Dharma Karya Dika Ke-74 guna menciptakan Lingkungan Lapas yang Bersih dan Bebas dari Narkoba serta guna menghindari adanya pengendalian maupun penyalahgunaaan Narkoba di Lingkungan Lapas maka akan dilaksanakan test urin bagi seluruh Petugas Lapas.

Dalam arahannya sebelum pemeriksaan Kasat Narkoba Polres Salatiga AKP Anak Agung Gede Oka menjelaskan bahwa peredaran narkoba di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan, bahkan Presiden menyampaakan bahwa Indonesia sudah darurat narkoba, untuk itu dimulai dari diri sendiri keluarga dan lingkungan keluarga untuk bisa menghindari penyalahgunaan narkoba, apalagi yang paling banyak terjerat narkoba adalah kalangan produktif atau generasi muda.

Sebagai petugas pembina warga binaan diharapkan petugas Lapas tidak ada yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba hal ini didasarkan masih banyak dari hasil pengungkapan kasus narkoba terdapat banyak kasus yang melibatkan warga binaan yang berada di dalam lapas, hal ini menunjukkan masih adanya kelemahan sistem yang ada di Lapas, untuk itu mari kita bersama mulai detik ini dengan niat hati yang paling dalam untuk menghindari Narkoba, tegasnya.

Dalam kesempatan selanjutnya Paurkes Polres Salatiga Iptu Mulyadi AMK menjelaskan bahwa pelaksaan test urin dengan menggunakan alat Testkip untuk mendeteksi adanya kandungan narkoba dari berbagai jenis antara lain, ganja, sabu, inek, morfin dan obat terlarang lainnya, dan jajarannya akan melaksanakan pemeriksaan secara profesional transparan dan akuntabel.

Adapun Petugas Lapas yang diperiksa sejumlah 54 personil dimulai dari Ketua Lapas sampai dengan seluruh anggotanya yang terdiri dari 31 pria dan 12 wanita.

Dari hasil pemeriksaan tersebut tidak ada satupun petugas Lapas yang terindisikasi menggunakan atau menyalah gunakan Narkoba, bersyukur kegiatan berjalan aman dan lancar, dan petugas Lapas bersih dari Narkoba, tentunya hal ini akan membawa dampak baik dalam pencegahan peredaran narkoba.

Selesai pemeriksaan Ketua Lapas Kelas II B Kota Salatiga mengucapkan banyak terimakasih atas sinergitas kebersamaan antara Polres Salatiga dan Lapas khususnya atas terselenggaranya test urin bagi anggotanya dan terbukti Petugas Lapas bersih dari Narkoba.

Harapannya jalinan sinergitas kebersamaan ini senantiasa terbina dengan baik, tutup Hero Sulisiyono yang dilanjutkan dengan foto bersama.

(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)

Berita Terkait