BinkamNarkoba

Diawasi Sat Res Narkoba Grobogan, Puluhan Petugas Lapas Purwodadi Dicek Urine

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Grobogan Polda Jateng – Puluhan petugas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Purwodadi Kabupaten Grobogan menjalani tes urin. Hal tersebut dilakukan untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba terhadap aparat di lingkungan Lapas, Jum’at (11/10/2019).

Kegiatan yang dilakukan secara mendadak tersebut dimulai pukul 07.30 Wib, bertempat di dalam Lapas Kelas Purwodadi dengan melibatkan anggota dari Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres setempat sebagai pendamping.

Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Bambang Sugiyono mengatakan, kegiatan ini merupakan perintah dari direktorat jendral pemasyarakatan untuk melaksanakan tes urin pada petugas lapas. Ini juga merupakan bentuk kesiapan petugas dalam turut serta memerangi narkoba.

“Ini merupakan perintah dari direktorat jendral pemasyarakatan serta kesiapan para petugas kami dalam perang narkoba terhadap maraknya peredaran narkoba di Grobogan,” tuturnya.

Dengan dilaksanakannya tes urine, lanjut Bambang, kepada seluruh pegawai Lapas, dirinya berharap bisa mencegah atau upaya preventif menghindari penyalahgunaan narkoba. Sebab sebanyak 35 persen penghuni lapas kelas IIB Grobogan terdiri dari kasus narkoba.

“Kegiatan ini sebagai langkah pencegahan terhadap petugas Lapas, supaya terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Sebab mereka adalah aparat yang membina warga binaan, jadi mereka harus bebas dari narkoba,” imbuhnya.

Sebanyak 48 petugas lapas, mengikuti tes urin dengan hasil kesemuanya negatif.

“Alhamdulillah 48 petugas kami hasil tes urinnya negatif,” tegas Bambang.

Sebelumnya, Lapas Kelas Purwodadi juga rutin melakukan kegiatan tes urin, baik dikalangan petugas maupun para warga binaan. Dengan harapan agar lapas Grobogan terbebas dari narkoba.

“Kami akan lakukan kegiatan ini secara berkala untuk melihat kesiapan petugas dalam perang narkoba, serta untuk mewujudkan agar lapas terbebas dari narkoba,” pungkas Bambang.

Terpisah, Kasat Reskoba Polres Grobogan AKP Abdul Fattah menuturkan, kegiatan ini merupakan pencegahan penggunaan narkoba bagi petugas lapas yang ada di Grobogan. Sebab jaringan narkotika saat ini tak hanya menyasar ke masyarakat umum saja, melainkan juga kepada lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk pegawai-pegawai lapas.

“Kita lakukan tes urin yaitu bertujuan untuk memberantas serta memutus mata rantai jaringan peredaran narkotika, dilingkungan ASN atau pegawai-pegawai lainnya,” tegasnya.

Berita Terkait