BinkamFrameHeadline

Gelar Aksi Unjuk Rasa, Buruh Diajak Berjoged dengan Polisi

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kota Semarang – Tak kurang dari 1000 orang, gabungan massa buruh dari barbagai Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Gubernur dan DPRD Jateng.

Ditengah terik Kota Semarang, gabungan buruh dari menyampaikan beberapa tuntutan, diantaranya menolak rencana revisi UUK No. 13 Tahun 2003, menolak kenaikan iuran BPJS, menolak upah murah revisi PP No. 78 tahun 2018
dan menetapkan UMK tahun 2020 di Jawa Tengah berdasarkan KHL 2019.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan buruh diterima dengan baik oleh Sekda Provinsi Jateng Dr. Ir. Sri Puryono, KS, MP., Wakil Ketua Komisi E Abdul Azis, Plt. Kadisnaker Provinsi Jateng Susi Handayani serta Deputi BPJS Ketenagakerjaan Jateng Asri.

Selama berlangsungnya aksi damai dari gabungan massa FSP KEP, FSPMI, SPN, FSP FARKES, ASPEK INDONESIA, FSP ISI, FSP PPMI dan FSP PAR ini mendapatkan pengawalan serta pengamanan dari Polrestabes Semarang dibantu dari Polda Jateng.

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Pol Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si melalui Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol. Iskandar Fitriana Sutisna menyampaikan, terkait dengan pengamanan unjuk rasa, Polda Jateng selalu menggunakan pendekatan humanis.

“Dalam pengamanan aksi gabungan buruh ini Kami terjunkan Polwan digaris terdepan. Selain itu, Polri juga memberikan air minum kepada para peserta aksi,” ungkap Kombes Pol. Iskandar Fitriana Sutisna.

Kombes Pol Iskandar Fitriana menambahkan, Polri juga menerjunkan tim kesehatan dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jateng untuk membantu peserta aksi buruh yang mengalami sakit.

“Selain itu, kami juga mengajak buruh peserta aksi untuk berjoged bersama dengan petugas pengamanan. Ini bertujuan untuk lebih mancairkan suasana akibat teriknya matahari di Kota Semarang,” jelas Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna yang turut berjoged bersama dengan para buruh.

Kabidhumas Polda Jawa Tengah mengucapkan terima kasih kepada para buruh atas pelaksanaan aksi unjuk rasa yang berlangsung tertib.

“Kami atas nama Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyampaikan terima kasih kepada para buruh yang telah melaksanakan aksi penyampaian pendapat dengan tertib,” pungkas Kabidhumas Polda Jateng. (hms)

Berita Terkait