Binkam

Polres Grobogan Tingkatkan Patroli Hutan, Cegah Karhutla dan Pembakaran Liar

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Grobogan Polda Jateng – Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq menegaskan pihaknya akan terus melakukan patroli untuk memastikan tidak ada pelaku pembakar hutan dan lahan (karhutla). Terutama yang sengaja melakukan pembakaran di wilayah hukum Polres Grobogan.

Menurutnya, saat ini karhutla di Grobogan cukup rawan, sehingga pihaknya harus lebih gencar lagi dalam melakukan patroli.

Untuk itu, Kapolres meminta kepada seluruh masyarakat di Grobogan untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan dengan sengaja ataupun tidak sengaja, karena pihaknya akan menindak tegas pelakunya.

”Kita terus tingkatkan patroli agar tidak ada karhutla di Grobogan,” tegasnya.

Ditanyakan terkait masyarakat yang ingin membuka lahan dengan cara membakar, dirinya menegaskan tidak akan memberi toleransi aksi pembakaran hutan dan lahan. Walau pun hanya untuk berladang, karena saat ini apapun bisa menimbulkan kebakaran, sehingga dirinya meminta untuk tidak melakukan pembakaran hutan atau lahan.

Selain pencegahan Karhuta, tujuan dilakukan patrol hutan adalah mencegah pembalakan liar atau illegal loging.

“Luas wilayah Kabupaten Grobogan 40 % merupakan hutan, maka dari itu diperlukan kerjasama yang baik dari pihak Kepolisian dan perhutani untuk menjaga hutan dari perambah serta pelaku ilegal loging maupun kebakaran hutan,” pungkas Kapolres.

Berita Terkait