Reskrim

Sat Reskrim Polres Brebes Bekuk Kawanan Perampok Nasabah Bank

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Brebes – Tim Resmob Satreskrim Polres Brebes meringkus 4 kawanan perampok spesialis nasabah bank yang selama ini meresahkan masyarakat di berbagai daerah, Jumat (6/9/2019) petang.

Keempat pelaku yakni, Gery (31), Nuridin (30), Angga Junika (28) dan Andi (43). Mereka merupakan kelompok dari Lampung dari Bengkulu.

Tiga pelaku terpaksa ditembak pada bagian kakinya karena mencoba melawan dan berusaha kabur saat akan digelandang ke Mapolres Brebes.

Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono melalui Kasat Reskrim AKP Tri Agung Suryamicho, menyampaikan motif kawanan perampok ini yakni dengan menguntit korbanya terlebih dulu dan ditengah jalan melakukan perampokan dengan memecah kaca mobil.

Para pelaku memiliki peran masing-masing yakni, mengemudikan kendaraan yang dipakai pelaku, menggambar TKP dan memantau korban saat di dalam bank hingga eksekutor yang membuntuti korban dari belakang.

“Para pelaku mencari korban yaitu nasabah bank yang sudah melakukan penarikan uang bank. Mereka ini meresahkan masyarakat khususnya nasabah bank,” ucapnya, Jumat (6/9) petang.

Terakhir kali, ketiga kawanan perampok nasabah bank beraksi pada, Jumat (23/8) lalu di Kabupaten Brebes. Saat itu, mereka berhasil menggasak uang tunai Rp 52 juta milik seorang nasabah bank yang juga seorang Kepala Sekolah SD Negeri 2 Lengkong.

“Mereka merupakan residivis kasus serupa dan belum lama keluar dari penjara. Ketiga pelaku beraksi disejumlah tempat di Jakarta dan Jawa Tengah,” jelasnya.

Selain keempat pelaku, lanjutnya tim Resmob yang dipimpin Aiptu Titok Ambar Pramono dalam penangkapan tersebut juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seeprti uang tunai, beberapa buku rekening tabungan, beberapa smartphone dan sejumlah tas milik pelaku.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengn pemberatan dengan hukuman 7 tahun penjara. Ketiga pelaku sempat dilarikan ke IGD RSUD Brebes sebelum dijebloskan di tahanan Mapolres Brebes. (Hms)

Berita Terkait