Binkam

Wakapolres Magelang Hadiri Apel Besar Karhutla di Taman Nasional Jurang Jero

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Srumbung – Jajaran Polres Magelang Polda Jateng telah mengikuti apel Kesiap siagaan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan tahun 2019, bertempat di Taman Nasional Gunung Merapi Jurang Jero Srumbung Magelang, Kamis (22/8).

Bertindak selaku Pimpinan Apel Dandim 0705 Magelang Letkol Kukuh Dwi Antono, SIP dan Komandan Apel Iptu Sumino Kapolsek Srumbung, dengan di hadiri Wakapolres Magelang Kompol Eko Mardiyanto, Kabag Ops Kompol Ngadiso, Kasat Sabhara AKP Bambang sulistyo,S.sos, Pasi Ops Kodim 0705 Melang Kapten Arm Jumiyanto, Kepala Balai TNGM Ibu PUJIATI , Kasi SPTN 1 TNGM Wilayah Sleman dan Mgl Bpk WIRYAWAN, Sekretaris Sat Pol PP MUHDAMIL, Kasi Polhut Taman Nasional Gunung Merapi ( TNGM ) HUSNI PRAMONO, Kordinator penangulangan kebakaran hutan Bpk YOSI ADE PRATAMA, Kepala Resort TNGM wilayah Srumbung Bp. ASEP ARYANTO, Kepala Resort TNGM wilayah Dukun Bpk SUWIGNYO, Kasi Kedaruratan BPBD Kab. Magelang DIDIK WAHYU dan Forkopimcam Srumbung.

Sedangkan sebagai pasukanerta upacara PMH ( Paguyuban Merapi Hijau ) , Relawan Peduli Merapi, OPRB Desa Ngablak Ngargosoko Mranggen dan Tegalrandu, Para Sopir armada Truk, Para tenaga penyelenggrong pasir ( Manual ), dan Paguyuban Taman Wisata Jurang jero.

Dandim Lekol Kukuh Dwi Antono dalam sambutanya mengatakan Apel ini dilaksanakan dalam rangka mendukung perlindungan dan pengamanan Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, khususnya dengan musim kemarau yang berpotensi terjadi kebakaran hutan, katanya.

Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tidak dilakukan sendiri-sendiri, melainkan harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, swasta dan masyarakat.

Pada kesempatan ini, saya mengajak kepada seluruh jajaran, instansi pemerintah, swasta, dan segenap masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan kita dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, karena sebagian besar kondisi lahan hutan di Wilayah Kabupaten Magelang terdapat semak belukar yang potensial menyebabkan kebakaran akan meluas secara cepat.

Khusus kepada para penegak hukum, agar lebih fokus untuk melakukan penyelidikan, penyidikan dan upaya hukum pada kasus pembakaran hutan dan atau lahan, sehingga dapat memberikan efek jera bagi para pelaku pembakar hutan dan lahan.

Seusai pelaksanaan apel dilangsungkan peragaan pemadaman kebakaran dengan pembuatan penyekatan kebakaran dan perawatan penyiraman tanaman penghijauan.

Editor Wahyu

Berita Terkait