Polairud

Begini Strategi Satpolairud Polres Pati Cegah Bahaya Paham Radikal

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Pati – Pihak Polri kini gencar memberikan penyuluhan kepada semua lapisan masyarakat untuk mencegah penyebaran paham radikal dan terorisme.

Tidak terkecuali di wilayah hukum Polres Pati khususnya di Kecamatan Dukuhseti melalui Satpolair Polres Pati yang menggandeng instansi Pelabuhan Perikanan Pantai serta Kelompok Nelayan Mina Bahari IV memberi pemahaman ini kepada masyarakat nelayan yang ada di Desa Banyutowo.

KBO Satpolair Iptu Sutamto bahwa kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya nelayan tentang pentingnya untuk menjauhi paham radikalisme dan terorisme.

“Ini Kecamatan kedua yang dilakukan sosialisasi setelah sebelumnya kami memberikan sosialisasi kepada nelayan di Juwana, berikutnya kami mengharapkan dapat dilaksanakan di semua kecamatan terutama diwilayah pesisir Kabupaten Pati,” ungkap Iptu Sutamto, Rabu (21/8/2019).

Sementara Ipda Tamyis selaku pemberi materi mengatakan bahwa peran masyarakat sangat penting, terlebih tokoh agama, pemuda, organisasi kemasyarakatan yang ada.

“Penyuluhan ini diharapkan agar masyarakat nelayan Desa Banyutowo mempunyai kesadaran untuk menolak dan mencegah paham tersebut, dan agar segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas maupun Bhabinsa setempat apabila sudah ada masyarakat yang mengarah ke paham radikal dan terorisme,” terangnya.

Sementara itu, salah satu warga, Sunoko (61) mengatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat. Dia berharap agar warga nelayan khususnya yang ada di Desa Banyutowo tidak ada yang terkena paham radikal.

“Kami berharap bapak bapak dari Satpolair Polres Pati lebih sering mengadakan kegiatan seperti ini agar dapat lebih menambah wawasan kami” harapnya.

Hadir dalam kesempatan ini selain masyarakat nelayan Desa Banyutowo tampak pula Kades Banyutowo Mustari, perwakilan dari DKP Kabupaten Pati Sholeh, perwakilan Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo Driyanto.

(Humas Respati)

Berita Terkait