Pembinaan Personel

AKBP Andy Rifai, Kapolresta Surakarta yang Baru Disambut Tradisi Pedang Pora

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Surakarta –Kapolresta Surakarta kini resmi berganti. Tongkat komando diserahterimakan Kapolda Jateng Irjen Ryco Amelza Dahniel dalam acara Sertijab Dir Intelkam dan Kapolresta Surakarta di Gedung Borobudur Polda Jateng, Selasa (20/08/2019). Pejabat lama Kombes Ribut Hari Wibowo, digantikan pejabat baru AKBP Andy Rifai.

Usai serah terima, Kapolresta Surakarta yang baru langsung disambut dengan tradisi pedang pora, Rabu (21/08/2019).

Tiba di halaman Mapolresta Surakarta, AKBP Andy Rifai disambut Pocil (Polisi Cilik) dengan pengalungan dan pemberian buket bunga. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan acara prosesi pedang pora.

Tradisi pedang pora pada acara penyambutan atau selamat datang kepada pejabat baru seperti Kapolres, mengandung makna bagaimana perwira-wira lainnya akan senantiasa setia untuk memayungi dan mengawal pimpinan barunya selama pelaksanaan tugas. Demikian juga tradisi pedang pora pada pelepasan pimpinan lama dengan membentuk lingkaran pedang pora, bermakna tugas memayungi dan mengawal pimpinan lama telah berakhir.

Usai memasuki gerbang pedang pora, AKBP Andy Rifai disambut para Kepala Bagian (Kabag), Para Kepala Satuan Fungsi (Kasat Fung) dan para Kapolsek jajaran beserta bhayangkarinya dan seluruh personil Polresta Surakarta. Pimpinan baru mereka disambut dengan nyanyian penyambutan Kapolresta Surakarta hingga memasuki ruang kerja Kapolres.

“Mohon kerjasama semua pihak. Saya siap melanjutkan apa yang sudah dikerjakan Kapolresta Surakarta yang lama,” kata AKBP Andy Rifai.

Selanjutnya AKBP Andy Rifai menuju Aula untuk mengikuti laporan kesatuan, sekaligus melepas Kombes Ribut Hari Wibowo melalui prosesi payung pora.

Berita Terkait