Polsek Jiken Ingatkan Warga Agar Waspada Kebakaran

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Blora – Mulai masuknya musim kemarau menimbulkan kerawanan akan terjadinya kebakaran, dimana daun-daun dan rerumputan mulai kering kerontang sehingga rawan terbakar jika tersulut oleh api.

Untuk itulah Polsek Jiken Polres Blora melakukan kegiatan preventif dengan menggerakan anggotanya untuk memberikan himbauan dengan Penyuluhan maupun Sambang Door to Door langsung ke rumah warga.

Seperti yang dilakukan oleh Ka SPKT Polsek Jiken Aiptu Suparno. Sabtu (27/07/2019) memimpin anggota untuk patroli dialogis guna memberikan himbauan agar warga meningkatkan kewaspadaan akan bahaya kebakaran sehubungan musim kemarau tiba.

Himbauan tersebut disampaikan saat ia patroli di Dukuh Nglencong Desa Jiken Kecamatan Jiken Blora. Kepada warga yang ditemui, Aiptu Suparno menyampaikan bahwa dengan kondisi suhu cuaca yang cukup panas ini rentan terjadi kebakaran.

“Apabila membakar sampah ataupun membuat bediang sapi tolong diawasi, jangan sampai menjalar hingga membakar rumah” himbau Suparno.

Sudah menjadi kebiasaan dari warga untuk mengusir nyamuk di kandang sapi, mereka menyalakan api sebagai pengusir nyamuk atau dalam bahasa jawa Bediang.

Aiptu Suparno mengingatkan warga, khususnya yang ternak sapi dan menyimpan jerami pakan ternak di dalam rumah, agar betul betul di perhatikan keamanannya, terutama saat menyalakan api, entah itu api untuk memasak ataupun api untuk bediang sapi.

“Kami berikan himbauan kepada warga, agar lebih waspada, terutama saat menyalakan api, apalagi saat membuat bediang sapi, agar di awasi.” tandasnya.

Sejumlah himbauan yang disampaikan Aiptu Suparno disambut positif oleh warga dan mereka berjanji akan selalu waspada terhadap bahaya kebakaran di saat musim kemarau ini.

“Terimakasih sudah di ingatkan oleh Pak Polisi, Kami berjanji akan selalu waspada dan lebih berhati hati lagi.” ucap Mundawan salah satu warga dukuh Nglencong.

Exit mobile version