Binmas

Kapolsek Juwiring Bantu Petani Cegah Hama Tikus Dengan Gropyokan

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Klaten – Jelang memasuki musim tanam padi tahun 2019 guna mencegah penyebaran hama tikus, Pemerintahan Desa Bulurejo bekerja sama dengan kelompok tani dan Polsek Juwiring Polres Klaten mengadakan kegiatan gropoyokan tikus, Kamis (25/07/2019) .

Adapun untuk pelaksanaan gropyokan tikus kali ini diarea sawah yang berada di Dukuh Bulurejo, Kapolsek Juwiring Polres Klaten AKP Sri Anggono besama para petani terlihat bersemangat dalam kegiatan tersebut. Pemberantasan hewan pengerat ini dilakukan karena keberadaanya menyerang tanaman padi yang akan memasuki musim tanam untuk Desa Bulurejo.

Aksi gropyokan tikus dilakukan denga cara yang sederhana yaitu dengan cara mengairi lubang-lubang yang diduga menjadi sarang tikus tersebut, setelah keluar tikus ditangkap atau dipukul dengan benda tumpul. Cara ini dianggap lebih efektif dan aman daripada menggunakan racun tikus.

”Kegiatan gropyokan tikus ini bertujuan untuk mencegah terjadinya gagal panen akibat serangan hama tikus, serta sebagai bentuk Polri mendukung swasembada pangan karena Klaten merupakan lumbung padi nasional” terang AKP Anggono.

Menurut kepala Desa Bulurejo Suparman kegiatan gropyokan tikus khususnya di wilayah Desa Bulurejo akan diadakan setiap seminggu dua kali yaitu hari Rabu dan Minggu, dengan melibatkan perangkat desa, kelompok tani, Polsek dan Koramil.

”Dengan dilakukan gropyokan tikus secara berkala diharapkan dapat meningkatkan produksi padi khususnya di Desa Bulurejo. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dengan Polsek Juwiring yang secara langsung ikut mendukung kegiatan ini” pungkasnya.

Berita Terkait