Samapta

Jaga Kondusifitas Pasca Pilkades, Sat Sabhara Polres Banyumas Tingkatkan Patroli

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Banyumas – Sat Sabhara Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah menciptakan suasana tetap kondusif pasca pelaksanaan Pilkades serentak yakni di Desa Baseh kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.

Kasat Sabhara AKP Supriyanto memerintahkan anggotanya melaksanakan patroli di wilayah khususnya desa-desa yang selesai menggelar Pilkades serentak.

Sebagaimana perintah Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, untuk meningkatkan kewaspadaan pasca Pilkades serentak dengan menggiatkan patroli keliling desa serta melakukan pendekatan, penggalangan serta menghimbau agar tetap bersama sama menciptakan situasi yang kondusif. Rabu (24/7/2019).

Menurut Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun melalui Kasat Sabhara AKP Supriyanto bahwa patroli dan silaturahmi ini dimaksudkan untuk memantau situasi wilayah pasca Pilkades serentak dan petugas memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tetap menjaga kondusifitas lingkungan.

“Tidak perlu merayakan kemenangan atau beruforia secara berlebihan karena akan menyinggung perasaan pihak yang kalah,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut rombongan patroli juga menemui beberapa warga simpatisan dari pendukung Kades yang kalah dan petugas patroli juga menghimbau kepada mereka untuk bersabar dan menerima kekalahan dengan lapang dada dan jangan terpengaruh oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat memicu sehingga Kamtibmas tidak kondusif.

Dalam patroli tersebut diutamakan di desa yang baru saja melaksanakan Pilkades, petugas patroli melaksanakan pemantauan kegiatan dan menampung aspirasi masyarakat khususnya yang berkaitan dengan pilkades.

“Bila ada gejolak di warga, ataupun protes terhadap pelaksanaan pilkades di desa, jangan sampai bertindak anarkis, lebih baik kita duduk bersama di musyawarahkan jalan keluarnya,” ungkap Kasat Sabhara.

Imam salah satu warga Baseh mengatakan, Kegiatan patroli Sat Sabhara Polres Banyumas sangat dirasa warga demi memberi rasa aman dan nyaman, apalagi pasca pelaksanaan Pilkades.

(PID Promoter Humas Polres Banyumas)

Berita Terkait