Binmas

Cari Air Hingga ke Bukit, Polres Kebumen Droping Air Bersih ke Warga Karanggayam

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kebumen – Polres Kebumen bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Kebumen melakukan droping air bersih di Kecamatan Karanggayam dan Pejagoan.

Droping 10 tangki air bersih yang diprakarsai oleh Sat Samapta Polres Kebumen itu, dilepas oleh Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede didampingi pejabat utama dari halaman Mapolres, Kamis (25/07) pagi.

Melalui kegiatan itu AKBP Robertho Pardede berharap, air yang diberikan secara cuma-cuma dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga air bersih ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Beberapa bulan terakhir, Kebumen mengalami kekeringan di berbagai daerah,” jelas AKBP Robertho Pardede.

Informasi yang diperoleh dari Kasat Samapta Polres Kebumen AKP Rudjito, droping air bersih di wilayah Karanggayam dilakukan di 3 desa. Desa tersebut adalah Desa Kalirejo, Desa Gunungsari dan Desa Kebakalan Karanggayam.

Tiga desa tersebut merupakan desa terparah yang mengalami kekeringan di Kecamatan Karanggayam.

Kondisinya memperihatinkan. Aliran sungai dan sumber mata air terlihat kering dan menyisakan tanah yang menganga.

Warga Desa Kalirejo Karanggayam Surya Pradikas (32) mengungkapkan daerahnya sudah 3 bulan terakhir mengalami kekeringan.

Untuk kepentingan konsumsi ia harus rela mengantri air bersih dari sebuah sumber mata air yang lokasinya jauh di atas bukit di desanya.

Sedangkan untuk kepentingan mencuci pakaian, terkadang ia harus membawa pakaian kotor ke tempat saudara di Kecamatan Sruweng.

Di desa tersebut sebenarnya banyak sumber mata air bersih. Namun saat kemarau seperti ini, hanya satu yang masih bisa mengeluarkan air bersih.

“Daerah sini kalau pas musim kemarau susah banget mencari air bersih. Kalau ada, kita utamakan untuk kepentingan konsumsi. Kalau cuci pakaian, kita bawa ke laundry,” katanya.

Ia berharap, akan selalu ada bantuan air bersih saat kemarau seperti sekarang ini.

Selanjutnya droping air bersih di kecamatan Pejagoan, kegiatan dipimpin oleh Kapolsek Pejagoan AKP Widiyanto.

Droping dilakukan di Desa Kedawung dengan melibatkan personel Dalmas, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan muspika setempat.

(Humas Polres Kebumen)

Berita Terkait