Pembinaan Personel

Bid Propam Polda Jateng Laksanakan Gaktiplin di Polres Klaten

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Klaten – Subbid Provos Bid Propam Polda Jateng melaksanakan Gaktiplin di Polres Klaten. Anggota yang akan masuk ke Polres, baik anggota Polri maupun ASN satu persatu dicek kelengkapan kendaraan dan surat-suratnya. Spion dan lampu utama bagi pengendara roda dua tak luput dari pengecekan. Selasa (23/7/19).

Masih dalam rangkaian gaktiplin, pada saat apel pagi tim Provos Polda yang dipimpin Ipda Muhda’i juga melaksanakan pengecekan sikap tampang anggota Polres Klaten. Kerapian rambut dan penggunaan seragam menjadi sasaran pemeriksaan. Selanjutnya tim memeriksa surat nyata diri seperti KTA dan KTP. Beberapa anggota yang kedapatan tidak rapi dan lupa membawa KTA langsung mendapat teguran dan didata.

Gaktiplin yang dilaksanakan berdasarkan perintah Kapolda Jateng no sprint 2882/VII/KUK/6.6/2019 tersebut ditutup dengan pemeriksaan urine anggota Sat Reskrim, Sat Intelkam dan Sat Narkoba. Dengan penjagaan ketat, semua anggota “tak berseragam” tersebut antri di Kamar Mandi untuk pengambilan urine.

“Semua anggota opsnal, baik yang lepas dinas kita cek urinenya, yang tidak ada kita cari. Selain itu ada juga (kita periksa) anggota yang pernah menjalani pembinaan/rehabilitasi untuk memastikan apakah anggota tersebut benar-benar sudah sadar dan berhenti” ungkap Ipda Muhda’i.

Ipda Muhda’i juga menjelaskan bahwa perintah gaktiplin dari Kapolda Jateng ini bertujuan untuk mencegah berbagai pelanggaran yang dilakukan anggota terkhusus masalah penyalahgunaan narkoba. Kapolda menekankan agar di Polda Jateng betul-betul tidak ada anggota yang bermain dengan narkoba. (tsc)

Berita Terkait