Pembinaan Personel

Jelang Pilkades Serentak, Polres Grobogan Gelar Rakor Kesiapan

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Grobogan Polda Jateng – Bertempat di Ruang Operasi Mapolres Grobogan, Jumat (5/7) diadakan rapat koordinasi persiapan jelang pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Grobogan.

Rapat tersebut dipimpin oleh Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq SH SIK MH yang diikuti oleh para Kabag, Kasat, Kapolsek.

Selain untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Polri khususnya Polres Grobogan sebelum diterjunkan ke lapangan. Dengan demikian diharapkan, semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal dalam rangka mensukseskan pengamanan Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Grobogan.

Dalam sambutan dan arahannya Kapolres Grobogan AKBP Choiron menekankan tentang garis-garis besar rencana pengamanan Pilkades Serentak Kabupaten Grobogan tahun 2019 yang tinggal menghitung hari. Dengan menjabarkan hasil rakor pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak pada beberapa hari lalu, sesuai kebijakan pimpinan Polri yang tertuang dalam ASTA SIAP.

“Kita saling harus rapatkan barisan berkerjasama untuk mengamankan Pilkades serentak supaya dalam pelaksanaan pilkades tersebut bias berjalan dengan baik, lancar dan aman,” ujar AKBP Choiron.

Sebagai upaya menjamin stabilitas kamtibmas selama berlangsunnya Pilkades serentak, Polres Grobogan bersama instansi terkait lainnya melaksanakan pengamanan dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan preventif yang didukung kegiatan Intelijen, penegakan hukum dan kuratif dalam rangka mengamankan pemilihan Kepala Desa di wilayah Kabupaten Grobogan.

Kapolres memerintahkan kepada seluruh Polsek jajaran Polres Grobogan untuk mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pilkades dengan sebaik-baiknya sampai dengan tahapan pelantikan nantinya, utamanya tahap Pungut dan Hitung Suara di TPS, serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif agar memberikan rasa aman kepada masyarakat serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya.

“Saya minta kepada semuanya yang terkait, terutama personil Polri dan panitia Pilkades agar kita bias selaras dan jaga netralitas dalam pemilihan pilkades mendatang,” tegasnya.

Selanjutnya secara teknis Kabag Ops Polres Grobogan Kompol Sigit memaparkan tentang rencana Pengamanan Pilkades secara rinci mulai dari kesiapan personel sarana dan prasarana serta perkiraan dukungan anggaran, dan kemungkinan hambatan yang dimungkinkan akan terjadi, termasuk upaya-upaya penanggulangan hambatan.

“Antisipasi kerawanan dan perencanaan pengamanan lebih awal ini, semoga akan membuahkan hasil maksimal,” imbuh Kabag Ops Kompol Sigit.

Menutup Rapat, Kapolres AKBP Choiron kembali menekankan kepada seluruh anggotanya untuk tidak terlibat dalam Politik Praktis khususnya dalam Pilkades serentak yang akan digelar mendatang.

Tujuan diadakan rakor ini adalah untuk melakukan analisa dan evaluasi terhadap hal hal apa saja yang nantinya akn menjadi perhatian petugas di lapangan baik dari sisi keamanan maupun sisi kelancaran pelaksanaan Pilkades Serentak.

Harapan diadakannya rapat koordinasi ini adalah untuk meminimalisir segala bentuk gangguan yang dapat menghambat jalannya Pilkades serentak pekan depan.

Berita Terkait