Usai Libur Panjang Lebaran, Satlantas Polres Blora Diserbu Warga Perpanjang SIM

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Polda Jateng, Blora – Libur Lebaran tidak terasa telah usai. Ratusan orang rela mengantre di loket pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor Sat Lantas Polres Blora sejak pagi. Senin (10/6/2019).

Para pemohon SIM datang dari seluruh penjuru Kabupaten Blora. Mereka ingin memperpanjang masa berlaku SIM yang sudah habis sejak kemarin.

Kasat Lantas Polres Blora AKP Edi Sutrisno mengatakan sejak tanggal 30 Mei – 9 Juni, bagi pemilik SIM apapun yang masa berlakunya habis selama libur Lebaran bisa ditoleransi. Artinya, masyarakat tak perlu mengurus SIM baru. Tapi, masyarakat bisa memperpanjangnya langsung di hari ini.

“Selebihnya, tidak berlaku. Telat memperpanjang SIM, konsekuensinya harus mengurus SIM baru sesuai peraturan,” ujarnya.

Tak hanya itu, banyak juga yang datang untuk membuat SIM baru. Hingga sore tadi sekira pukul 15.00 WIB tercatat sudah ada 350 orang yang memperpanjang SIMnya yang mati selama pelayanan libur Lebaran kemarin. Sebanyak 85% masyarakat pemohon perpanjangan SIM sedangkan 15% pemohon SIM baru.

Salah seorang pemohon perpanjangan SIM A bernama Feriyanto warga Ngawen mengatakan dirinya sejak pagi hari sudah antri cek kesehatan dan mendaftarkan diri di loket.

“SIM A saya mati sejak tanggal 4 Juni kemarin. Makanya, saya buru-buru urus hari ini, mumpung masih diberi toleransi.” katanya

Feriyanto mengakui rela antre selama 3 jam lebih. Ia bahkan tak mempermasalahkan antrean panjang dan berjubel. Bagi dia, ini adalah hal yang wajar setiap hari pertama pelayanan usai libur panjang.

“Namanya juga pelayanan baru saja libur dan dibuka hari pertama ini. Wajar pasti ramai harus sabar karena petugas di dalam juga sibuk,” ungkapnya

“Saya sih gak masalah. Selagi masih ditoleransi, saya juga mengucapkan terima kasih kepada petugas Sat Lantas. Karena memberikan pelayanannya baik dan ramah kepada masyarakat, meski harus melayani ratusan orang.” tambah Fery

AKP Edi Sutrisno kembali mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan anggota semaksimal mungkin agar pelayanan tetap jalan. Dijelaskan, pihaknya harus membagi tugas anggotanya.

Ada sebagian yang masih memberikan pelayanan di Pos Pam dan Pos Yan mudik Lebaran dan sebagian memberikan pelayanan di Sat Lantas Polres Blora.

“Memang ada antrean. Tapi, kami upayakan agar tidak terlalu parah dan semua terlayani dengan baik. Sehingga semuanya bisa mendapatkan SIM. Kami juga tambah loket baru dan upayakan agar pelayanan berjalan maksimal,” pungkas Kasat Lantas.

Exit mobile version