Lantas

Evaluasi Pengamanan Lebaran Tahun Lalu, Polres Sukoharjo Geser Satu Pospam

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Polda Jateng Sukoharjo – Polres Sukoharjo mulai mempersiapkan diri untuk pengamanan lebaran, dimana dalam pengamanan lebaran focus pengamanan di titik beratkan pada arus mudik dan juga arus balik. Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pemudik yang masuk ke wilayah Sukoharjo Polres menyiapkan 4 Pos Pengamanan (Pos Pam).

Tahun ini, ada pergeseran Pospam dari Pospam Ngasem, Kartasura di geser ke Sanggung yang merupakan wilayah perbatasan dengan Klaten.

“Polres Sukoharjo sudah menyiapkan titik-titik yang akan dijadikan Pospam Lebaran dimana didalam Pospam ini akan disisi petugas gabungan,” jelas Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, Kamis (16/5).

Kapolres menjelaskan, Pospam lebaran tersebut masing masing di simpang lima Sukoharjo, Patung Pandawa Solo Baru, Eks Terminal Kartasura dan di Perempatan Sanggung. Pospam Sanggung merupakan pospam baru karena baru hasil pergeseran dari Pospam Ngasem, Kartasura.

“Pergeseran tersebut dilakukan menindaklanjuti fenomena tahun lalu dimana dibombardir dengan kemacetan yang luar biasa di simpang tiga Kartasura,” jelas Kapolres.

Lanjutnya kemacetan yang terjadi tahun lalu justru didominasi kendaraan lokal dari Yogyakarta dan Solo sehingga memperlukan upaya ekstra untuk mencairkan arus dan bahkan sampai dini hari dan pagi hari.

Dari pengalaman tahun lalu tersebut, ujarnya, akhirnya Pospam yang biasanya ada di Ngasem digeser ke Penggung karena arus terbesarnya adalah Yogyakarta-Solo sehingga akan diantisipasi di Penggung dengan keberadaan Pospam. Diharapkan pola tersebut tepat, bisa membantu dan dirasakan manfaatnya saat arus mudik maupun saat Operasi Ketupat nanti.

Berita Terkait