Brimob

Meski Tengah Puasa, Personel Gegana Tetap Gelar Pengamanan Kantor KPUD Provinsi Jateng

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kota Semarang – Serangkaian Pemilu Legeslatif maupun Presiden/Wakil Presiden 2019 telah sampai pada tahap rekapitulasi suara di tingkat Provinsi. Hari ini bertepatan pula dengan ibadah puasa Ramadhan 1440 H.

Meski dalam suasana ibadah Puasa Ramadhan, pengamanan rekapitulasi suara di Kantor KPUD Provinsi Jateng yang terletak di Jalan Veteran, Semarang tetap meriah. “Personel Polri yang melaksanakan pengamanan menunjukkan semangatnya yang luar biasa. Sudah semenjak awal Pemilu pihak Kepolisian, dalam hal ini Polda Jawa Tengah telah mengamankan kantor kami setiap harinya,” ucap Ketua KPUD Provinsi Jateng saat ditemui pagi tadi.

Personel Gabungan yang terdiri dari satuan fungsi teknis kepolisian Polda Jawa Tengah beserta instansi TNI nampak berjaga di depan KPUD Provinsi Jawa Tengah. Posko mereka dirikan, personel dan kendaraan taktis mereka siagakan untuk mengantisipasi setiap kejadian yang diperkirakan akan mengganggu kelancaran dan ketertiban proses Rekapitulasi Suara hasil Pemilu 17 April lalu.

Di antara dari sekian banyak personel Polri/TNI yang ada, satuan kebanggaan Baret Biru Satbrimob Polda Jawa Tengah nampak sibuk sedari pagi. Detasemen Gegana yang merupakan salah satu fungsi khusus Brimob Polri diberi tugas untuk menjamin keamanan kantor KPUD dan sekitarnya aman dari ancaman teror, terlebih yang menyangkut dengan bahan peledak/bom.

“Setiap pagi, kami personel Gegana dengan kemampuan spesialisasi penjinak bom melaksanakan tugas pokok kami untuk mensterilkan, menyisir kantor KPUD termasuk area sekitarnya. Setiap ruang kami sterilisasi untuk mencegah dan meminimalisir aksi teror bom. Hal ini demi terselenggaranya keamanan dan kenyamanan. Sehingga kami berharap, petugas KPUD Provinsi dapat menjalankan tugasnya dengan aman, tenang, dan tidak takut terancam. Dengan tujuan utamanya adalah mampu menjaga kemurnian hasil Pemilu,” jelas Kompol Masqudori, S. H., M. Hum, Pgs. Komandan Detasemen Gegana, yang pagi tadi terpantau mengunjungi anggotanya yang bertugas di Kantor KPUD Provinsi Jawa Tengah.

Ketika ditanya kaitannya dengan ibadah puasa Ramadhan para anggotanya, Beliau menjelaskan bahwa puasa tidak menjadikan alasan anggotanya untuk mengurangi tingkat kewaspadaan dalam melaksanakan pengamanan. Justru setiap tugas yang dibebankan kepada mereka, diyakini sebagai bagian dari ibadah kepada Sang Pencipta.


“Puasa tidak menjadikan penghalang bagi kami. Tugas kami bernilai ibadah yang tentunya akan menambah amalan di bulan Ramadhan ini,” tegas Kompol Masqudori.

Rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019 direncanakan akan berakhir pada tanggal 22 Mei 2019 mendatang. Semoga dengan bantuan pengamanan yang diberikan oleh Gegana, pada umunya Polri secara keseluruhan, dapat membantu terselenggaranya Pemilu yang aman, bersih, jujur, dan adil. Sehingga mampu mencetak pemimpin-pemimpin bangsa yang amanah.

PID Detasemen Gegana
TIK Satbrimob Polda Jawa Tengah

Berita Terkait