Brimob

Pasca Pungut Suara, Gegana Perketat Rekapitulasi Penghitungan Suara di PPK Wilayah Kota Semarang

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kota Semarang – Rangkaian Pemilu 2019 serentak belum usai. Kali ini tahapan Pemilu telah memasuki masa rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK. Situasi mulai menghangat. Di media massa, baik elektronik maupun cetak, diberitakan para pasangan calon telah mengklaim kemenangan menurut sumber-sumber intern mereka.

Situasi seperti ini dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan-tindakan tidak terpuji, misalnya mengadu domba antar pendukung paslon,sampai membuat berita hoaxs yang dapat menimbulkan konflik di tengah-tengah masyarakat.

Di wilayah Kota Semarang sendiri masih berlangsung penghitungan surat suara di tingkat PPK. Dalam pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK ini petugas dari KPUD maupun keamanan dari pihak TNI/POLRI bekerja tidak mengenal lelah meskipun dalam penghitungan surat suara berlangsung 24 jam full. Pengamanan ekstra ketat ini dilakukan demi mencegah terjadinya hal-ha kecurangan maupun intimidasi yang dilakukan oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan pribadi.

Di bawah kendali Polrestabes Semarang dengan sandi Operasi Mantap Brata Candi (OMBC) 2019, Detasemen Gegana juga terlibat di dalamnya. Bantuan pengamanan peesonel disebar di setiap PPK yang ada di wilayah Kota Semarang.

“Perlunya kantor PPK dijaga personil bersenjata seperti ini berdampak pada efek detern. Dimana diharapkan kehadiran anggota Polri dengan berseragam dan bersenjata dapat membuat pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab takut untuk berbuat yang melanggar hukum,” jelas Pgs Danden Gegana, Kompol Masqudori, S. H., M. Hum.


Pgs. Danden Gegana bahkan secara langsung melakukan pengecekan anggotanya di setiap PPK sebagai bentuk pengawasan dan pengendalian kepada anggotanya yang bertugas di lapangan.

Meskipun situasi sampai saat ini masih dikatakan kondusif dari awal pemungutan suara hingga sampai saat ini penghitungan di PPK, namun Pgs. Danden Gegana berpesan kepada selurug anggotanya agar selalu menjaga kewaspadaan.

“Anggap selalu di setiap tempat kita bertugas bahwa tempat itu rawan. Sehingga kita selalu dalam tingkat kewaspadaan yang maksimal,” Imbuh Pgs Danden Gegana.

PID Detasemen Gegana
TIK Satbrimob Polda Jawa Tengah

Berita Terkait