BinkamMitra Polisi

Pemkab Demak Gelar Silaturahmi Komponen Masyarakat Pasca Pemungutan Suara

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Demak – Dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, damai dan sejuk, Pemkab Demak menggelar silaturahmi komponen masyarakat paska pemungutan suara pemilu 2019 di Pendopo Kabupaten Demak, Minggu (21/4/2019).

Kegiatan dihadiri Bupati Demak H.M. Natsir, Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar, Perwakilan Danramil Guntur Kapten Inf. Edi Suwanto, Wakil Bupati Demak Joko Susanto, Ketua DPRD Demak Nurul Mutaqin.

Bupati Demak, HM. Natsir mengaku bersyukur partisipasi memilih untuk masyarakat di Demak tahun ini cukup tinggi yaitu mencapai 81%. Meski begitu, semua pihak harus bisa menerima hasilnya dengan legowo, siapapun pemenangnya adalah pilihan rakyat.

“Setelah pemilu 17 April 2019, mulai menyongsong ramadhan dimana suasana untuk ramadhan sudah terasa kini. Untuk itu mari kita sama-sama kembali guyub rukun mbangun Demak,” imbuhnya.

Kapolres Demak, AKBP Arief Bahtiar mengatakan pemilu 2019 merupakan pemilu yang sangat panjang dan kalau kita membaca dari sumber manapun di dunia, pemilu ini merupakan pemilu yang sangat rumit dan resikonya luar biasa.

“Polres Demak sebagai pengaman pemilu membutuhkan sekali dukungan dari semua elemen masyarakat dan polres Demak tidak bisa melakukan kegiatan tanpa ada elemen dari TNI, penyelenggara pemilu, ormas dan masyarakat,” ucapnya.

Dia menjelaskan, setelah pemungutan suara, selanjutnya akan dilaksanakan rekapitulasi sampai 4 Mei 2019, dimana nanti real count diumumkan pada tanggal 22 Mei 2019.

“Dalam menyingkapi hitungan internal yang dideklarasikan masyarakat di medsos, kami meminta kepada KPU sebagai penyelenggara pemilu untuk memberikan hal-hal yang adem,” imbuhnya.

Dikatakannya, silaturahmi komponen masyarakat kali ini diperlukan mengingat berkembangnya dinamika paska situasi pemungutan suara.

“Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawal proses rekapitulasi dan menerima apapun hasilnya dengan legowo,” ajaknya.

Menurutnya, apapun keputusannya adalah yang terbaik untuk bangsa ini. Siapapun yang menang dalam kontestasi tetap bersatu dan dapat menjadikan Indonesia maju, adil dan makmur.

Ketua KPU Demak, Bambang Setya Budi, mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada forkopimda, TNI Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama yang memberikan dukungan dalam penyelenggaraan pemilu 2019.

“Rekapitulasi kali ini memakan waktu yang panjang sekitar 5 – 10 hari sesuai dengan kondisi kecamatan masing – masing, hal ini dikarenakan dalam rekap pleno ini tidak ada rekap tingkat desa namun langsung rekap tingkat kecamatan,” paparnya.

Dijelaskan, rekapitaluasi tingkat PPK dilaksanakan pada tanggal 1-4 Mei 2019. Sehingga pada saat sebelum puasa diharapkan sudah selesai.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan deklarasi damai ciptakan situasi sejuk pasca pungut suara pemilu 2019.

Kegiatan juga dihadiri Ketua MUI Demak H.M Asyiq, Ketua KPU Demak Bambang Setya Budi, Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh, Tim Pemenangan Paslon nomor 1 Fahrudin Bisri Slamet, Tim Pemenangan Paslon nomor 2 Muntohar.

Sigit_Humas

Berita Terkait