BinkamReskrim

Aksi Heroik Penjaga Alfamart Berhasil Bongkar Pencurian di 4 Toko di Sragen

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Sragen – Melalui rekaman CCTV, pelaku pencurian di beberapa toko alfamart di wilayah Sragen, berhasil di tangkap seorang penjaga toko alfamart Mungkung Sidoharjo Sragen. Pembongkaran kedok pencuri itu sendiri, setelah penjaga toko alfamart mungkung mendapatkan informasi tentang kejadian pencurian di alfamart yang berlokasi di Masaran. Rabu (17/04/2019).

“ Pelaku bernama Mulyo Riwiyono (46) asal kecamatan Genteng Surabaya Jatim itu ditangkap, setelah melakukan pencurian di toko alfamart yang berada di Masaran. kemudian penjaga toko Masaran Dimas Candra Ari Wibowo (31) Warga jetak Sidoharjo

menginformasikan kejadian itu ke alfamart lain, diantaranya alfamart Mungkung Kecamatan Sidoharjo Sragen. Berawal dari informasi itu, kemudian penjaga toko Mungkung mencari informasi di toko alfamart lain, dan berhasil membekuk pelaku, saat berada di alfamart Sukowati Sragen Kota dan menyerahkan pelaku kepada Kepolisian, “ papar kapolsek Sragen Kota Iptu Mashadi dalam keterangannya mewakili Kapolres Sragen Polda Jateng AKBP Yimmy Kurniawan.

Penangkapan pelaku itu sendiri terjadi Selasa (16/04) siang, berkat keuletan penjaga toko alfamart Mungkung bernama Dwi Nuri Prasetyo, (31) warga Dukuh Majan kelurahan Kwadungan Kerjo Karanganyar, yang langsung mengecek rekaman CCTV di tokonya. Dalam rekaman itu, ternyata pelaku dengan ciri ciri sama, seperti di sebutkan pada kejadian pencurian di alfamart Masaran, tengah beraksi mengambil beberapa barang dan merk di etalase toko, dan berhasil lolos dari amatan penjaga.

Dari kejadian itu, Dwi Nuri Prasetyo kemudian menelephon penjaga toko alfamart Sukowati. Iapun menjelaskan dan mencari pria dengan ciri ciri memakai celana jean warna hitam, berkemeja warna putih bergaris biru, yang baru saja melakukan pencurian di alfamart Mungkung. Pihak penjaga alfamart Sukowati kemudian meneliti sejumlah pembeli, dan mendapati pelaku tengah berada di dalam toko alfamart Sukowati.

Saat Dwi Nuri Prasetyo tiba di alfamart Sukowati, pelaku terlihat di depan toko dan bersiap untuk pergi. Melihat kejadian itu, Dwi Nuri kemudian berupaya menahan pelku dengan cara menyuruhnya berhenti. ‘’berhenti dulu pak, “ namun pria tersebut malah naik motor yang di kemudikan oleh seorang pria lain.

Aksi pencuri itupun kemudian berhasil di hentikan setelah Dwi Nuri berhasil meraih baju pelaku hingga keduanya terjatuh. Namun sayang, satu tersangka berhasil kabur setelah ketakutan di teriaki maling oleh Dwi Nuri, dan di keroyok oleh warga yang kebetulan berada di lokasi kejadian.

Hingga akhirnya aksi heroik penjaga toko alfamart itupun berhasil membekuk pencuri dan menyerahkannya ke Polsek Sragen Kota.

Sementara itu, dari keterangan Kapolsek dalam penyidikannya, pelaku mengakui telah melakukan pencurian di beberapa toko alfamart yang berada di wilayah Sragen. Lokasi pencurian itu sendiri di katakan Kapolsek diantaranya Alfamart Nggrompol, Alfamart Masaran I, Alfamart Mungkung, Alfamart Sukowati, dengan kerugian setelah di total sebesar Rp 4.732.800.

Kapolsek juga menguraikan bahwa pelaku Mulyo Riwiyono bakalan di jerat dengan tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana di maksud pasal 363 ayat ( 1 ) ke 4e KUH. Pidana. Selain itu, pihak Polsek Sragen kota juga tengah melakukan upaya pencarian terhadap pelaku lain yang berhasil kabur, berkoordinasi dengan satuan reserse kriminal Polres Sragen.

(Humas Polres Sragen)

Berita Terkait