Binkam

Hama Kera Serang Pemukiman Warga, Kapolres Sukoharjo Tinjau Lokasi

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Sukoharjo – Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi didampingi Kapolsek Bulu Iptu Dalmadi melaksanakan pengecekan lokasi serangan kera liar ke pemukiman warga di Dukuh Jatirejo dan Dukuh Kerten, Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Kamis (14/3/2019).

Warga Dukuh Jatirejo Karjo (67) saat dikunjungi Kapolres mengatakan, tiga bulan terakhir ini di wilayah kami banyak kera liar menjarah tanaman palawija seperti singkong, kacang, jagung dan buah buahan. “Sehingga kami tidak bisa memanen,” ujarnya.

Ditempat terpisah Bayan Kerten Ratmin (56) menuturkan bahwa sekelompok kera liar selalu berpindah pindah untuk mendapatkan makanan di sekitaran rumah warga kami, sehingga keberadaan kera-kera liar sangat mengganggu dan meresahkan warga. “Pada akhirnya masyarakat kami tidak bisa menikmati hasil tanamannya karena dijarah kera liar yang sangat banyak,” tuturnya.

Kapolres Sukoharjo dalam kunjungannya menyampaikan bahwa langkah yang akan dilakukan untuk mengurangi populasi kera liar yaitu dengan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo untuk medatangkan Suku Badui Banten guna melakukan penangkapan.

“Selain itu, kita akan mengerahkan personel kami untuk melakukan penembakan untuk mengusir kera liar tersebut. Dengan tujuan untuk mengurangi populasi kera liar yang sering meresahkan warga masyarakat Kecamatan Bulu,” pungkasnya.

Berita Terkait