Pembinaan Personel

Kapolda Jateng Lantik 320 Siswa Diktuk Bintara Pori T.A 2018/2019

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Polda Jateng, Banyumas – Bertempat di Lapangan Pengayom Sekolah Polisi Negara Purwokerto telah dilaksanakan upacara pelantikan dan pengambilan sumpah siswa Diktuk Bintara TA 2018, Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, Perwira Upacara AKBP Suprih Heryono, dan Komandan Upacara AKBP Tri Marwanto, Senin (4/3) .

Adapun jumlah siswa yang dilantik sebanyak 320 siswa dengan latar belakang pendidikan adalah sebagai berikut Diploma 3 sebanyak 5 Orang, SMU 235 Orang, SMK 70 Orang dan MA 10 Orang.

Hadir dalam upacara PJU Polda Jawa Tengah, Danrem 071 Banyumas, Ka SPN Purwokerto. PJU SPN Purwokerto, Forkompimda Kab. Banyumas, Rektor perguruan tinggi negeri dan swasta se Kab Banyumas, Kapolres Jajaran Polda Jateng.
Serta Orang tua siswa yang dilantik.

Upacara Penutupan pendidikan oleh Kapolda Jawa Tengah juga di tandai dengan Pembacaan Skep dan Pelantikan oleh Kapolda Jawa Tengah secara simbolis dengan penyematan tanda pangkat Bripda dan penyerahan ijazah kepada perwakilan siswa yang dilantik dengan predikat siswa nilai akademik tertinggi Pratama Yudha Gumelar, Nilai mental kepribadian tertinggi Sifa Dwi Setiawan dan nilai kesehatan dan jasmani tertinggi Sulistyo Indro Cahyo.

Inspektur upacara Irjen Pol Drs Condro Kirono dalam amanatnya menyampaikan pada kesempatan yang penuh dengan kehormatan, kebanggaan, dan kebahagiaan ini, saya mengucapkan selamat kepada 8.389 Bintara remaja, terdiri atas 7.991 pria dan 398 wanita, yang telah berhasil menyelesaikan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri yang berlangsung selama 7 (tujuh) bulan dan berhak menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua.

Keberhasilan Saudara dalam mengikuti dan menyelesaikan pendidikan, merupakan anugrah Allah SWT yang harus senantiasa Saudara syukuri. Puluhan ribu pemuda dan pemudi di seluruh tanah air memiliki cita-cita menjadi anggota Polri. Namun demikian, hanya sebagian kecil dari mereka yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pendidikan dan dilantik menjadi anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pelantikan Saudara pada hari ini merupakan langkah awal dalam perjalanan karier sebagai anggota Polri, masih sangat panjang medan tugas yang akan Saudara tempuh masih sangat banyak tantangan tugas yang akan Saudara hadapi. Seiring perkembangan kehidupan masyarakat yang semakin kompleks, maka tugas-tugas yang akan Saudara hadapi sebagai anggota Polri, juga akan semakin penuh dengan tantangan.

Dalam tata kehidupan negara demokratis, setiap institusi negara berlomba-lomba untuk meraih kepercayaan publik dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diembannya, oleh karena itu Polri selaku penanggung jawab pemeliharaan keamanan dalam negeri, terus berupaya untuk merebut kepercayaan publik melalui peningkatan profesionalisme dan modernisasi. Upaya tersebut diterapkan melalui 3 (tiga) Kebijakan Utama Promoter, yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, serta manajemen media.

Untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh para Bintara remaja agar senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas, Pegang teguh serta amalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya sebagai pedoman dalam setiap langkah pengabdian insan Bhayangkara sejati dan Laksanakan setiap tugas yang diemban dengan penuh semangat, tanggung jawab, dan keikhlasan.

Upacara selesai dilanjutkan dengan kegiatan peragaan-peragaan yakni Peragaan inkanas oleh mantan Siswa, diakhiri dengan penyematan sabuk coklat secara simbolis oleh Kapolda Jateng, Peragaan Dalmas, Patroli dan Menembak.

Kapolda Jateng juga berkenan menyerahkan Kbm KIA Sportage oleh kepada SMK Arya Satya Teknologi Patikraja.

Penyerahan cinderamata kepada Purnawirawan SPN Polda Jateng oleh Kapolda Jawa Tengah.
Rangkaian kegiatan Kapolda Jateng di SPN Polda Jateng selesai dilanjutkan kegiatan Pengarahan Kapolda Jateng kepada Kapolres Jajaran di Hotel Java Heritage.

Berita Terkait