Binkam

Polsek Kalikajar Wonosobo Singkirkan Bonggol Bambu Bekas Longsor

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Wonosobo – Anggota Polsek Kalikajar yang dipimpin oleh Kapolsek Iptu Budi Rustanto beserta anggota Koramil Kalikajar beramai-ramai mendatangi Kp. Ngasinan Tengah Kel Kalikajar. Bukan mengejar pelaku kejahatan, namun kedatangan Polisi dan TNI ini untuk melaksanakan kerja bakti bonggol bambu yang mengganggu akses penghubung Kelurahan Kalikajar dengan Desa Rejosari, Sabtu (16/2).

Mengetahui kedatangan aparat tersebut, warga Kp. Ngasinan Tengah secara spontan langsung ikut membantu kerja bhaktiKapolsek Kalikajar Iptu Budi Rustanto yang ditemui pada saat kegiatan mengungkapkan, rumpun bambu tersebut longsor sekitar sebulan yang lalu. “Untuk batang bambu yang menutupi jalan, pada waktu itu sudah dibersihkan dan bonggolnya sudah ditepikan. Namun karena besarnya rumpun, bonggol bambu tersebut baru bisa dibersihkan pada saat ini,” katanya.

Besarnya bonggol bambu, membuat petugas dan masyarakat sempat kesulitan mengevakuasinya, hingga akhirnya diputuskan untuk dibelah menjadi beberapa bagian. “Meski sudah dibelah, masih saja cukup besar. Dan akhirnya kami tarik menggunakan truk untuk dibuang di lahan kosong agar tidak lagi mengganggu pengguna jalan,” kata Iptu Budi.

Kegiatan kerja bhakti semacam ini, menurut Iptu Budi Rustanto, merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Polsek Kalikajar setidaknya 2 kali dalam sebulan. “Kami menamakannya Jumat Keramat (Kerja Bhakti Bersama Masyarakat). Adapun kegiatannya, selain seperti yang dilakukan hari ini, ada juga kegiatan lain semisal membersihkan tempat ibadah maupun bedah rumah,” terang Kapolsek. “Kedepannya, kami akan meneruskan program Jumat Keramat ini sebagai wujud kerjasama dan pengabdian kami kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Lurah Kalikajar, Ngabidin, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polsek dan Koramil atas terselenggaanya kegiatan ini.

“Sebenarnya, meski tidak menutup akses jalan, namun bonggol bambu tersebut cukup membahayakan warga yang melintas. Oleh karenanya, saya mewakili warga Kelurahan Kalikajar mengucapkan banyak terima kasih atas kerja keras dan inisiatif dari Polsek dan Koramil Kalikajar untuk melaksanakan kerja bhakti pembersihan bonggol bambu ini,” ujar Lurah Kalikajar.

Berita Terkait