Binkam

Dubes Tiongkok : Kami Harap Pembangunan di Penggarit Lebih Manis dari Nanasnya

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Pemalang – Delegasi Kedutaan Besar Tiongkok untuk Republik Indonesia, Xiao Qian menyampaikan harapan sambil berseloroh bahwa pembangunan di Desa Penggarit lebih manis dari nanasnya (nanas Belik: red).

Seloroh Dubes Tiongkok tersebut diungkapkannya saat berkunjung di desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jumat (11/1/2019).

Xiao Qian mengungkapkan bahwa Penggarit adalah perkampungan pertama di Indonesia yang ia kunjungi.

“Kami sudah mencoba nanas madu. Ternyata nanasnya lebih manis dari madunya. Indonesia adalah negara yang penting di selatan China, dan memiliki prospek yang gemilang, untuk di wilayah barat ada India, sebelah utara ada Rusia,” tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa perkembangan ekonomi Indonesia stabil selama belasan tahun. Tiongkok menilai optimis terkait perkembangan di Indonesia. Ia juga berharap lebih banyak kerjasama untuk meningkatkan persahabatan kedua negara.

“Tiongkok merupakan investor asing dan turis asing nomor nomor 1 di Indonesia. Tiongkok menjadi Investor kereta cepat dengan kecepatan 350 km/jam di Indonesia, maka jarak jakarta ke bandung cukup dengan waktu tempuh 1/2 jam, kami harapkan kedepan kereta cepat dapat diperpanjang hingga ke pemalang,” tegasnya.

Mengapa ia mengunjungi Penggarit?

Dalam pengakuannya, Xiao Qian mendapat rekomendasi Kementrian Desa RI bahwa pembangunan Desa Penggarit maju.

“Kami ucapkan rasa terima kasih pada Bupati Pemalang. Kami persilahkan kepada pemerintah Kabupaten Pemalang untuk berkunjung ke Dubes Tiongkok di Jakarta,” katanya dengan tersenyum.

Staff Bidang ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Pemalang, Wayan Asrini dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa potensi kabupaten Pemalang, misalnya luas wilayah 1.115,3 Km. Letak strategis di jalur pantura, dengan 14 kecamatan, 11 kelurahan dan 211 Desa.

“Komoditas unggulan Kabupaten Pemalang diantaranya sarung goyor, nanas madu, mangga istana yang sentralnya di Desa Penggarit,” tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa BUMDES Wiguna utama Desa Penggarit merupakan Prototipe di wilayah Kabupaten Pemalang, destinasi Benowo Park, petik mangga, lapangan olahraga tembak, dan menyelenggarakan event unik di Pasar Kamis Wage yang menjual jajanan khas Kabupaten Pemalang dengan sistem penbayaran uang klitik (kayu).

Kasubbag Dalops Polres Pemalangm Polda Jawa Tengah, AKP Sudirman yang memimpin pengamanan Kunjungan Dubes Tiongkok tersebut mengatakan bahwa pihaknya mengerahkan 100 personel lebih.

“Situasi berlangsung kondusif dan aman hingga acara selesai pada pukul 17.30 WIB,” pungkasnya.

Humas Polres Pemalang

Berita Terkait