Lantas

Tekan Angka Kecelakaan, Sopir dan Armada Bus Diperiksa

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Brebes – Sebagai upaya untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan angkutan transportasi serta kesehatan pengemudi agar dapat berkendara dengan aman dan untuk memastikan zero accident pada libur panjang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Brebes melaksanakan kegiatan pengecekan kesehatan awak angkutan beserta pengemudinya dan pemeriksaan kelaikan kendaraan (Ramp Chek), diterminal Bus Tanjung, Sabtu (29/12/2018) .

Dalam kegiatan yang dimulai pukul 09.00 Wib tersebut melibatkan gabungan personel dari Sat Lantas, Dokes Polres Brebes serta anggota Dishub Kabupaten Brebes.

Puluhan supir atau awak BUS AKDP dan AKAP diperiksa kesehatanya. Mereka juga harus menjalani pengecekan tensi darah dan juga tes urine.

Selain para supir dan krunya pengecekan kendaraan juga dilakukan oleh petugas gabungan dari Dishub. Adapun pemeriksaankendaraan meliputi pengecekan ban, pengecekan hand rem, pengecekan lampu jarak jauh dan dekat, kondisi rem, pengecekan safety belt, wiper,setir kendaraan maupun administrasi maupun surat-surat kendaraan

Brebes AKBP Aris Supriyono melalui Kasat Lantas AKP M Rikha Zulkarnaen mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai antisipasi liburan dan arus balik tahun baru 2019.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan angkutan transportasi serta kesehatan pengemudi agar dapat berkendara dengan aman serta meminimalisir terjadinya kecelakaan,” jelas Kasat Lantas.

Dari hasil kegiatan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut, hasil medichal check up cek dan penegecekan urin tidak didapati adanya pelanggaran yang dilakukan oleh awak Bus. Kondisi kendaraan juga dinyatakan laik untuk beroperasi.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menciptakan Kamseltibcar Lantas dan mengantisipasi atau meminimalisir kecelakaan dalam menghadapi arus mudik dan arus balik Ops Lilin Candi 2018 dan tahun baru 2019,” pungkas AKP M Rikha.

Berita Terkait