Binkam

Waspada Curah Hujan Tinggi, Warga Diminta Relokasi Sementara

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Banjarnegara – Tanah bergerak di dusun Kalitengah Desa Majatengah kecamatan Banjarmangu terjadi setiap tahun. Akhir-akhir ini curah hujan sangat tinggi sehingga untuk wilayah Banjarnegara dalam hal ini wilayah hukum Polsek Banjarmangu berpotensi tanah longsor. Kapolsek Banjarmangu bersama anggota melakukan relokasi akibat retakan tanah.

Kapolres Banjarnegara, AKBP Aris Yudha Legawa, SH, SIK melalui Kapolsek Banjarmangu, AKP Rusmiyatun, SE mengatakan di musim hujan seperti sekarang ini, terjadi di sepanjang perkebunan milik warga desa, tanah bergerak tersebut mengakibatkan retakan sepanjang 1 Km dengan lebar retakan 5cm, di dekat lokasi tersebut masih ada 1 rumah dan dihuni 1 keluarga, tentunya hal ini sangat membahayakan.

Menurut penuturan perangkat desa setempat sebetulnya sudah berkali-kali akan direlokasi ketempat yang lebih aman, akan tetapi dengan alasan yang tidak jelas sipemilik rumah menolak. Akhirnya dengan bujuk rayu dari pemerintahan desa setempat dibantu oleh Bhabinkambtibmas, 1 keluarga tersebut bersedia untuk direlokasi kemarin.

“Alhamdulilah kami berhasil membujuk mereka untuk direlokasi, ini semua demi kebaikan dan keselamatan mereka. Masyarakat harus tetap waspada, apabila ada gangguan kamtibmas tolong segera di laporkan ke Polsek Banjarmangu,” ucap AKP Rusmiyatun.

Tim humas Polres Banjarnegara

Berita Terkait