Binkam

Amankan Larung Sesaji, Polsek Tanjung Imbau Warga Jaga Keselamatan

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Brebes – Gabungan personel Polsek Tanjung dan Sat Polair Polres Brebes diturunkan guna melakanakan pengamanan Larung sesaji dalam rangka Sedekah Laut yang digelar oleh warga desa Krakahan Kecamatan Tanjung Brebes, Minggu (16/12/2018) pagi.

Kegiatan yang dihadiri ratusan warga setempat tersebut diawali dengan prosesi adat yang digelar di Balaidesa setempat.

Tampak dalam prosesi tersebut, beberapa miniatur Kapal yang berisi bermacam sesaji. Tampak juga kepala kerbau yang nantinya akan dilarungkan bersama sesaji lainya di tengah laut.
Imam Rosyadi, panitia kegiatan tersebut menyampaikan bahwa prosesi larung sesaji dalam rangka sesekah laut tersebut merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh masyarakat desa nelayan.

Dikatakan Rosyadi, hal tersebut sebagai perwujudan rasa bersyukur setiap manusia atas semua kenikmatan yang telah diterima nya dari sang pencipta yang mempunyai banyak cara, baik yang sesuai dengan tuntunan agama maupun melalui adat istiadat suatu wilayah.

“Larung sesaji merupakan salah satu adat istiadat perwujudan rasa bersyukur warga masyarakat kaum nelayan yang selalu di lakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa sebagai ungkapan rasa bersyukur atas semua yang telah diterimanya dari sang pencipta Allah SWT selama masa 1 tahun sebelumnya,” jelasnya.

“Setelah melalui prosesi adat, selanjutnya sesaji tersebut dilarung ketengah laut dengan menggunakan kapal,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek Tanjung AKP M Yusup yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, pihaknya selalu menghombau kepada warga untuk selalu memperhatikan faktor keselamatan saat melakukan prosesi larung sesaji.

“Alhamdulillah kegiatan yang berlangsung dari pagi tersebut berlabgsung dengan aman dan lancar,” jelas Kapolsek Tanjung AKP M Yusup. (Hms)

Berita Terkait