Pembinaan Personel

Purna Tugas, 10 Anggota Polres Banyumas Dilepas Dengan Tradisi Pedang Pora

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Banyumas – Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah menggelar prosesi pelepasan 10 anggota yang memasuki masa pensiun atau purna tugas. Ke sepuluh semuanya anggota Polri yang diwisuda hari ini, Kamis (13/12-2018).

Para anggota yang telah purna tugas ini, tidak dapat menyembunyikan kesedihannya, karena sudah berakhir dalam masa bakti dan bekerja sama dengan rekan – rekan di institusi Kepolisian. Acara pelepasan ke sepuluh anggota ini, digelar di lapangan upacara Mapolres Banyumas. Prosesi ini dipimpin oleh Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I.K yang turut dihadiri semua anggota Polres Banyumas.

Ke sepuluh anggota yang purna terdiri dari Kompol Sukandar, Kompol Sumidi, AKP Supariya, S.H., Iptu Hartono, S.H., Ipda Sumarno, Ipda Suwarno, Ipda Jayus, Ipda Ashadi , Aiptu Suparta dan Brigadir Heru Martono.

Selesai upacara, sebagai bentuk penghormatan, Polres Banyumas menggelar prosesi pedang pora yang dilakukan oleh perwira yang ditunjuk. Ke sepuluh anggota yang purna tugas beserta istrinya berjalan diantara barisan pemegang pedang dan penabur bunga.

Dengan rasa haru dan bangga, beberapa kali anggota terlihat menyeka air mata yang mulai menetes, setelah melihat upacara pedang pora.

Kapolres Banyumas AKBP Banbang Yudhantara Salamun, S.I.K acara tradisi ini sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi atas pengabdian pada perwira, bintara Polri yang purna tugas.

“Kami ucapkan terimakasih atas pengabdiannya selama bertugas menjadi bagian dari Polri, “kata Kapolres Banyumas.

Menurutnya purna tugas ataupun wisuda bagi anggota Polri mempunyai arti bahwa mereka termasuk orang yang berhasil melaksanakan tugasnya. Makanya dibuatlah acara ini sebagai rasa kebanggaan dan kehormatan.

“Semoga nanti setelah purna tugas ketika ditengah-tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman, tertib dan tetap menyampaikan pesan-pesan Polri kepada masyarakat, ” imbuhnya.

Usai acara pelepasan dengan prosesi pedang pora, ke 10 anggota polri yang purna tugas di dampingi istri melaksanakan kirab keliling kota Purwokerto dengan menggunakan kendaraan dinas.

(PID Promoter Humas Polres Banyumas)

Berita Terkait