Pembinaan Personel

Kesiapan Lilin Candi 2018 di Sragen: Malam Tahun Baru 2019 Akan Hadirkan Habib

tribratanews.jateng.polri.go.id, Sragen – Kesiapan Operasi Lilin Candi 2018 dan tahun baru 2019 di paparkan Kapolres Sragen Polda Jawa Tengah AKBP Yimmy Kurniawan, dalam acara rapat koordinasi lintas sektoral di ruang pesat gatra Polres Sragen pagi ini, Kamis (13/12/2018).

Hadir dalam acara rapat koordinasi lintas sektoral, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda ) diantaranya Ketua Pengadilan Negeri Sragen, Ka Kesbangpolinmas mewakili Bupati Sragen, Dandim 0725 Sragen, Dan Sub Denpom , serta sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama kabupaten Sragen, Komandan Yonif 408, Ketua FKUB, dan Ketua MUI.

Dalam sambutannya Kapolres menyampaikan bahwa acara ini untuk mengawali operasi kepolisian lilin candi 2018. Operasi ini akan di laksanakan oleh polres sragen dan jajarannya mulai tanggal 1 desember 2018 hingga tanggal 1 januari 2019.

Adapun kegiatan besar dalam operasi lilin candi ini ada dua, yakni perayaan natal 2018 dan menyambut tahun baru 2019. Kapolres juga menyampaikan telah siap melakukan pengamanan dalam agenda kegiatan tersebut.

“ Kami dari polres sragen siap melaksanakan pengamanan dalam kegiatan tersebut. Namun dalam pengamanan agenda masyarakat ini, kami juga membutuhkan dukungan serta partisipasi aktif dari bapak dan ibu sekalian. Tujuannya agar kegiatan ini dapat berjalan lancar, situasi kamtibmas di kabupaten sragen ini tetap terjaga, “ papar Kapolres.

Selain menggelar pemaparan kesiapan pengamanan operasi kepolisian Lilin Candi 2018, yang merupakan agenda nasional di tiap tahun, Kapolres pun mendengarkan pula pemaparan agenda kegiatan tepatnya di malam tahun pergantian tahun 2019 oleh Bupati Sragen, yang dalam hal ini di wakili oleh Kepala Kesbangpolinmas Heru Martono.

Dalam kesempatan tersebut Heru Martono mengatakan kesiapannya mendukung situasi kamtibmas kabupaten sragen tetap terjaga. Namun Heru juga menjelaskan bahwa pelaksanaan operasi lilin ini akan berbeda dari tahun sebelumnya.

“ perayaan tahun baru tahun ini agaknya berbeda dari tahun lalu. Kalau tahun yang lalu, perayaan tahun baru di meriahkan dengan pesta kembang api dan pagelaran musik dangdut. Namun untuk tahun ini, alhamdulillah tidak akan ada pagelaran musik dangdut, namun kita mendatangkan habib syeh. Jadi pelaksanaannya tanggal 31 desember jadwalnya malam, diperkirakan sekitar jam 22.00 WIB, dan selesai di perkirakan pas malam tahun baru, “ ungkapnya.

Heru juga menjelaskan bahwa perlunya mengantisipasi adanya kelompok lain, yang hura hura, yang mungkin tidak tahu bahwa di tempat ini ada habib dan di kira seperti pada tahun tahun lalu, seperti adanya hiburan dan kembang api atau sebagainya.

“Ini yang perlu disikapi, jangan sampai ada hal hal yang tak diinginkan pada acara ini. kita juga berharap adanya kegiatan lain di lokasi lain untuk memecah konsentrasi masyarakat yang tidak mengikuti kegiatan habib, seperti di taman krido anggo dan sebagainya, “ tambahnya.

Hal itu kemudian di tanggapi oleh Kabag Ops AKP Yohanes dalam pemaparannya diakhir acara. Sebagaimana di katakan Kapolres diawal, AKP Yohanes juga menguraikan akan mempertebal pengamanan personil di setiap titik kerawanan puncak malam tahun baru 2019, ataupun pada perayaan natal nantinya.

(Humas Polres Sragen)

Berita Terkait