Pembinaan PersonelSamapta

Tingkatkan Kemampuan, Personel Sabhara Polres Brebes Gelar Latihan SAR Terbatas

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Brebes – Untuk meningkatkan kemampuan dasar bantuan SAR terbatas, Sat Sabhara Polres Brebes gelar latihan di perairan Pulau pasir desa Pandansari Kecamatan Brebes, Kamis (29/11/2018) siang.

Selain Sabhara, perwakilan dari Polsek jajaran juga dilibatkan dalam pelatihan yang dipimpin lasngsung oleh Kasat Sabhara AKP Guritno.

Kapolres Brebes AKBP Sugiarto melalui Kasat Sabhara AKP Guritno mengatakan latihan ini untuk meningkatkan kemampuan sekaligus kesiapsiagaan personil Sabhara dalam rangka penanganan bencana.

Guna mendukung kegiatan tersebut digunakan peralatan berupa satu unit perahu karet, kano dan sebagainya.

Meski dengan latihan SAR terbatas ini, Guritno menegaskan pihaknya tetap melakukan kerjasama dan koordinasi dengan instansi yang lain seperti BPBD dan Basarnas.

Dalam latihan, juga dilatihkan tentang pertolongan korban tenggelam yaitu dalam kegiatan latihan teknik penyelamatan korban tenggelam adapun teknik sebagai berikut dengan cara pertolongan korban ketika di air, teknik pembawaan korban ketika di air, teknik pemasangan pelampung rompi penyelamat atau life jacket ketubuh korban serta teknik mengangkat korban kedalam perahu penyelamat.

Dipergakan dalam latihan tersebut bagaimana Tim SAR memberikan pertolngan bagi warga yang telenggelam dan terjebak dalam genangan air.

“Tujuan dilaksanakan latihan tersebut adalah untuk melatih peningkatan kemampuan personil dalam kesiapan kegiatan SAR dengan harapan, personil Sabhara Polres Brebes siap memberikan pertolongan kepada masyarakat manakala terjadi bencana,” kata Kasat Sabhara. (Hms)

Berita Terkait