Samapta

Unit K9 Ditsabhara Polda Jateng Siap Dukung Tugas Kepolisian

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kota Semarang – Unit Satwa (K9) Direktorat Sabhara (Ditsabhara) Polda Jateng siap mendukung tugas Kepolisian yang membutuhkan kehadiran Unit Satwa.

“Unit K9 Polda Jateng terdiri dari pelacakan narkotika, pelacakan bahan peledak, pelacakan SAR, pelacakan umum dan cegah tangkal / huru hara,”jelas PS Kanit Satwa Ditsabhara Polda Jateng oleh Ipda Henry Sulistyanto Dwi Saputra, S.H. saat ditemui Tim Tribratanews Polda Jateng di Mako Satbrimob Polda Jateng, Kamis (15/11/2018).

Ipda Henry menambahkan, Unit Satwa di Mabes Polri masuk dalam Ditpolsatwa. Sedangkan di tingkat Polda, unit satwa di bawah Direktorat Sabhara Polda Jateng yang kantornya di Mijen Semarang.

“Dikarenakan kantor Ditsabhara Polda Jateng belum mempunyai tempat untuk Unit K9, maka kita masih menumpang di Mako Brimob Srondol,” jelas Ipda Henry.

Peran dari Unit K9 ini sangat dirasakan kehadirannya, baik dibidang pencegahan peredaran narkotika, bahan peledak, dibidang SAR, ungkap kasus kriminal maupun pengendalian masa.

“Dalam pelacakan Handak kita bisa membantu tugas Brimob Gegana dengan pelacakan memnggunakan anjing yang mempunyai kemampuan bisa melacak bahan peledak dan sterilisasi obyek vital,” jelas Ipda Henry.

Tambahnya, dalam pelacakan narkotik kita bisa membantu tugas Reserse Narkotik seperti melaksanakan operasi di tempat tempat hiburan, tempat tempat yang dicurigai adanya narkotika.

“Dalam pelacakan SAR, kita bisa menurunkan anjing dengan kemampuan khusus untuk mencari korban yang tertimbun akibat bencana tanah longsor, seperti yang kita laksanakan di Banjarnegara dan Brebes,” ujar Ipda Henry.

Sedangkan dalam pelacakan Umum, Ipda Henry manyampaikan Unit Satwa ini membantu tugas fungsi Reserse dalam mengungkap tindak kejahatan. Untuk Anjing Dalmas atau disebut cegah tangkal dengan menggunakan anjing yang berkemampuan pengurai masa supaya massa terfokus di satu titik bisa pecah dan bubar.

Ipda Henry berharap, kehadiran Unit Satwa K9 dapat benar-benar dimanfaatkan guna mendukung tugas Kepolisian guna memberiakan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Unit Satwa K9
PID Ditsabhara Polda Jateng

Berita Terkait