Brimob

Tim Kolintang Gegana Jateng Tampil Di Acara Tasyakuran HUT Ke-73 Korps Brimob Polri

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kota Semarang – Kemeriahan peringatan HUT Ke-73 Korps Brimob Polri Tahun 2018 di Satbrimob Polda Jawa Tengah telah usai digelar.

Kemarin, Rabu (14/11/2018) telah dilaksanakan bersama rangkaian peringatan HUT Ke-73 Korps Brimob Polri Tahun 2018. Di Satbrimob Polda Jawa Tengah, puncak acara peringatan ulang tahun Satuan elit Polri ini diisi dengan Upacara Peringatan HUT, peragaan kemampuan maupun seni dari anggota Brimob Jawa Tengah, ibu-ibu Bhayangkari, bahkan masyarakat di luar anggota Brimob, serta ditutup dengan acara Tasyakuran HUT di Lapangan Voli Satbrimob Polda Jawa Tengah.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Drs Condro Kirono, M. M., M. Hum berkenan menjadi Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, Beliau Kapolda Jawa Tengah membacakan amanat Kapolri.

Selesai upacara digelar, acara dilanjutkan dengan peragaan. Detasemen-detasemen jajaran Satbrimob Polda Jawa Tengah menampilkan atraksi-atraksi mereka masing-masing.

Detasemen Gegana menampilkan atraksi olah tubuh beladiri Kali (Escrima), sedangkan Detasemen A Pelopor menampilkan kelincahan personelnya dalam membangun rumah tahan gempa. Apa yang mereka peragakan, merupakan gambaran yang mereka lakukan dalam tugas kemanusiaan operasi pemulihan pasca gempa Lombok. Detasemen B Pelopor tidak kalah serunya. Mereka mempersembahkan atraksi barongsai yang dipadu dengan iringan lagu dan tari Tor Tor. Detasemen C Pelopor sendiri, menggandeng Komunitas Reog Ponorogo di Solo, mempersembahkan tarian Reog Ponorogo yang digabung dengan seni beladiri pencak silat.

Dalam acara peringatan tersebut, hadir tamu istimewa. Beliau adalah yang terhormat Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Beliau hadir bersama permaisuri dan keluarga Kasunanan. Selain itu, Kasunana Surakarta juga memberikan kado ulang tahun kepada Brimob Jawa Tengah berupa tarian pembuka, Tari Brotoseno. Tari ini dibawakan oleh putra putri Kasunanan Surakarta.

Acara berlangsung meriah, hingga sampai pada acara Tasyakuran. Para tamu undangan dan peserta upacara duduk bersama menikmati sajian musik hiburan.

Detasemen Gegana menunjukkan kebolehannya dengan menampilkan tim Kolintang. Bermaterikan personel Gegana dan ibu Bhayangkari, alunan nada-nada indah dilantunkan untuk menghibur para hadiri.

“Kami telah lama berlatih bersama. Kolintang merupakan salah satu alat musik tradisional yang perlu dilestarikan. Maka dari itu, kami mencoba menunjukkan bahwa kolintang masih ada keberadaannya,” tutur Bripka Kuswantono, salah seorang pemain Kolintang.

Tim Kolintang Detasemen Gegana dibentuk atas dasar inisiatif dari Pgs. Kaden Gegana, Kompol Masqudori, S. H., M. Hum. Tim ini selain tampil dalam peringatan HUT Korps Brimob Polri, sebelumnya juga telah tampil mengisi acara HUT SMP 26 Semarang.

PID Detasemen Gegana
Tekkom Satbrimob Polda Jawa Tengah

Berita Terkait