FeaturedFramePembinaan Personel

477 Personel Polda Jateng Ikuti Program Pengendalian Berat Badan

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kota Semarang – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Pol Drs Condro Kirono M.M., M.Hum membuka Program Pengendalian Berat badan (PBB) semester II tahun 2018 di Gedung Borobudur Mapolda Jateng, Kamis (18/10/2018).

Hadir dalam pembukaan Program Pengendalian Berat badan ini Pejabat Utama Polda Jateng, Paurkes dan Paurlat Polres jajaran serta para peserta pengendalian berat badan.

Program pengendalian berat badan ini merupakan kegiatan terpadu dari Biro Sumber Daya Manusia (Biro SDM) Polda Jateng dan Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat II Semarang yang diikuti oleh 477 personel sejajaran Polda Jateng yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 30 yang mengalami kelebihan berat badan.

Program pengendalian berat badan dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama, para peserta melaksanakan pemeriksaan kesehatan. Dalam pemeriksaan kesehatan ini, para peserta program melaksanakan pemeriksaan antropometri meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, lingkar perut, pemeriksaan lemak tubuh, pemeriksaan laboratorium darah, cek tekanan darah, rontgen thoraks serta EKG.

Sedangkan di tahap kedua, para peserta program pengendalian berat badan akan mengikuti program pengobatan, pengaturan pola makan, olahraga terpadu sesuai dengan rekomendasi dari Tim Kesehatan.

Salah satu peserta program, Ipda Sunyoto dari Satbrimob dari berat badan awal 98 kg sekarang jadi 94 kg, selama 12 hari mengikuti program ini. Ipda Sunyoto berharap agar program ini berlanjut hingga mendapatkan berat badan yang ideal

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menyampaikan, dulu badan gemuk adalah simbol kemakmuran namun sekarang justru orang yang gemuk gudangnya penyakit. Banyak personel kita yang tidak dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat akibat dari gangguan kesehatan ini.

“Program ini akan berjalan dengan efektif jika dibarengi dengan kemauan yang keras dari peserta itu sendiri. Oleh sebab itu, tumbuhkan kesadaran untuk pola hidup sehat melalui olah raga serta menjaga asupan gizi yang masuk ke tubuh. Usahakan kalori yang masuk sama dengan yang dikeluarkan dengan berolahraga,” tekan Kapolda.

Irjen Pol Condro Kirono berharap, dengan program pengendalian berat badan ini dapat menciptakan postur Polri yang sehat dan ideal sehingga dapat memberikan pelayanan yang berbaik kepada masyarakat.

PID Bidhumas Polda Jateng

Berita Terkait