Lantas

Anggota Lantas Sidareja Cilacap Latih PKS SMK Tamtama

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Cilacap – Untuk mendukung terciptanya tertib berlalu lintas sejak usia dini, Satlantas Polres Cilacap Pos Sidareja melaksanakan Pembinaan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) serta penyuluhan tertib berlalu lintas kepada siswa/siswi SMK Tamtama 1 Sidareja.

Instruktur Pembina, Bripka Deny Achmad Syaefulloh Minggu (14/10/2018) mengatakan bahwa peserta PKS sebanyak 22 orang, terdiri dari 12 siswa dan 10 siswi.

Sukarman, ST selaku Kepala Sekolah mengatakan, pelatihan PKS yang dilaksnakan pada hari Kamis (11/10/2018) mulai pukul 08.00 Wib sampai selesai, bertempat di halaman SMK Tamtama 1 Sidareja adalah suatu wadah dari partisipasi pelajar di bidang lalu lintas, khususnya mengatur penyebarangan pada jalan umum di lingkungan sekolah.

Diharapkan dengan adanya PKS ini nantinya dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di lingkungan sekolah.

Para siswa siswi akan tertib berlalu lintas, terutama pada jam padat lalu lintas mulai pagi hari jam masuk dan siang hari jam pulang sekolah.

Targetnya adalah menciptakan generasi tertib berlalu lintas,” ujar Sukarman.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan adalah dasar-dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB), materi tentang tata cara pengaturan lalu lintas dengan menggunakan isyarat 12 gerakan pengaturan lalu lintas, tata cara penggunaan isyarat 3 bunyi peluit, dan macam-macam sinar yang ada pada pesawat otomatis untuk mengatur lalu lintas.

“Anggota PKS di tingkat SMK atau yang sederajat diharapkan sungguh-sungguh memelajari dan memahami, mempraktekkan (fakta/praktek lapangan), mengembangkan (hasil pengamatan) dari materi yang disampaikan dalam pembinaan,” pungkas Deni.

(Pos Lantas Sidareja )

Berita Terkait