Polairud

250 Unit Kapal Antar Sesaji di Sedekah Laut Sugihwaras Pemalang

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Pemalang – Kasat Pol Air Polres Pemalang, Polda Jawa Tengah, AKP Sunardi, SH mewakili Kapolres Pemalang menghadiri acara sedekah laut tahun 2018 di kelurahan Sugihwaras, Kecamatan Pemalang, Minggu (30/9).

Pukul 07.30, ribuan orang telah berdatangan untuk menyaksikan kirab ambeng yang diiringi oleh drum band angklung dari Purbalingga, rebana dan orkes keliling.

Bupati Pemalang, H. Junaedi melalui Kepala Dinas Perikanan mengatakan bahwa sedekah bahwa sedekah laut merupakan acara dalam rangka wujud mensyukuri nikmat & rezeki yang diberikan Allah kepada para nelayan dengan bersama mengiring ambeng yang berisi kepala kerbau dan lain -lain sebagai upaya memberi makan ikan dilautan dan bukan unsur perbuatan sirik.

“Diharapkan setelah Baritan ini penuhi tempat untuk lelang di TPI dapat tertata dengan rapi,” harapnya.

Di pihak lain, Kasat Pol Air mengingatkan panitia, kelompok Nelayan agar dalam acara larung ambeng ke laut kapasitas kapal mengangkut penumpang/pengunjung dibatasi.

“Kapal besar maksimal 20 orang, kapal kecil maksimal 10 Orang. Hal ini sebagai bentuk antisipasi kejadian pengalaman pada satu tahun yang lalu,” tegasnya.

AKP Sunardi juga mengingatkan para nelayan untuk megurus atau memperbarui surat surat kelengkapan agar tidak ditangkap karena tidak memiliki kelengkapan surat-surat kapal.

Acara larung sesaji dilaksanakan pada pukul 11.00 hingga 12.oo WIB oleh 250 unit kapal cantrang, garok dan gemplo, mengangkut kepala kerbau, ayam dan lainnya ke lautan dengan jarak kurang lebih 3 mil dari garis pantai Widuri.

Humas Polres Pemalang

Berita Terkait