Binkam

Ciptakan Pileg dan Pilpres Kondusif di Grobogan, Polisi Pantau Medsos

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Grobogan – Polres Grobogan tidak main-main dalam menangani ujaran kebencian dan hoax. Saat ini, tim Pemantau Medsos telah dibentuk, dan siap untuk menyisir seluruh postingan bernada ujaran kebencian maupun hoax. Dibentuknya tim tersebut dalam rangka menciptakan situasi yang aman, nyaman, dan sejuk selama masa kampanye Pileg dan Pilpres 2019.

“Tim kami memiliki kemampuan yang tidak diragukan untuk mencari setiap postingan hoax dan ujaran kebencian. Dengan dukungan aplikasi khusus kepolisian, setiap postingan tidak luput dari pantauan kami,” jelas Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq, Senin (24/9/18) siang.

Tidak hanya menjangkau media sosial, namun setiap laman yang menulis hoax juga akan diawasi. Dengan patroli medsos, diharapkan tidak ada lagi postingan hoax yang bisa mengarah pada perpecahan.

Tim patroli medsos beranggotakan personil Humas Polres Grobogan. Mereka diwajibkan melakukan patroli rutin 24 jam dalam sehari secara bergantian. Terdapat empat komputer yang dilengkapi aplikasi khusus untuk mencari postingan tidak wajar.

“Setiap ada temuan, akan langsung diteruskan kepada Sat Reskrim untuk ditindaklanjuti. Tentu saja kami tidak main-main dalam hal ini, mereka yang terbukti memposting hoax maupun ujaran kebencian akan kami jerat dengan UU ITE,” tambah Kapolres.

Berita Terkait